Berita / Akademik /
Fakultas Teknik ITP Mengadakan Kerja Sama dengan Fakultas Teknik UGM dan UNDIP untuk Peningkatan Kualitas SDM dan Kualitas Pelaksanaan Pendidikan
Humas | 18 Juli 2023
Foto : Dwi Arini, ST., M.T

Fakultas Teknik ITP terus melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kualitas pelaksanaan pendidikan melalui pengembangan kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) dan  Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang merupakan dua perguruan tinggi besar Indonesia.

Untuk merealisasikan kerjasama tersebut, pada tanggal 10 Juli 2023 Dekan Fakultas Teknik, Maidiawati, Dr.Eng didampingi oleh Ka.Prodi Teknik Geodesi, Dwi Arini, ST., M.T mengunjungi Fakultas Teknik UGM yang disambut baik oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Sugeng Sapto Surjono, S.T., M.T., IPU,ASEAN Eng., Manajer Layanan Jaminan Mutu dan Kemahasiswaan Dr.Ahmad Nasikun, S.T.,M.Sc., Kepala Departemen Teknik Geodesi Prof. Ir. Trias Aditya K.M., S.T., M.Sc., Ph.D., IPU., Ketua Program Studi Sarjana Heri Sutanta, S.T., M.Sc., Ph.D. beserta dosen Teknik Geodesi UGM. 


Dalam diskusi, Dekan Fakultas Teknik ITP menyampaikan keinginan kerja sama  bidang penelitian untuk pengembangan SDM.  Saat ini telah berjalan kerjasama penelitian dosen Teknik Elektro ITP yang mengadakan pengujian di laboratorium Teknik Elektro UGM. Sedangkan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan, telah disepakati kerja sama untuk  pendampingan penyusunan kurikulum Outcome Based Education (OBE), kuliah tamu, dan exchange student untuk Prodi Teknik Geodesi ITP.


“Pada semester Ganjil 2023/2024 ini, akan dikirimkan 3 orang mahasiswa Teknik Geodesi ITP untuk belajar di Prodi Teknik Geodesi UGM selama 1 semester sebagai bentuk pelaksanaan program MBKM” tutur  tutur Ka. Prodi Teknik Geodesi.


Fakultas Teknik ITP dan UGM saling menyerahkan cenderamata serta poto bersama pada penutupan sesi diskusi.


Kunjungan dilanjutkan ke Fakultas Teknik Undip pada tanggal 11 Juli 2023. Fakultas Teknik Undip yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik UNDIP Prof.Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD. didampingi oleh Prof. Dr.nat.techn. Siswo Sumardiono, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan serta Ka. Prodi Geodesi UNDIP juga menyambut baik kerja sama dengan Fakultas Teknik ITP.

“Beberapa kegiatan telah didiskusikan bersama untuk dilaksanakan kegiatan seperti kuliah tamu, visiting lecturer dan kegiatan akademik lainnya, “ jelas Dekan Fakultas Teknik ITP.


Pada kunjungan ini langsung ditandatangi perjanjian kerjasama (PKS) antara kedua fakultas.


Selanjutnya Teknik Geodesi ITP akan mengundang dosen dari Teknik Geodesi UNDIP untuk kegiatan pengembangan kurikulum dan kegiatan-kegiatan akademik lainnya. Selain Prodi Teknik Geodesi, Penandatangan PKS antara Fakultas Teknik ITP dengan Fakultas Teknik Undip juga menjadi payung hukum untuk kegiatan kerjasama pada prodi lain di bawah naungan FT UNDIP dan ITP.


Sebagai penutup kunjungan, delegasi ITP melakukan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan kepada pimpinan dan akademisi Fakultas Teknik UNDIP.

 

Created By Widia/Humas