Berita / Akademik /
Tingkatkan Layanan dan Inovasi Pendidikan, ITP Jajaki Kerja Sama dengan CamTech University Kamboja
Humas | 30 Mei 2023
Foto : Humas ITP - Widia Afrianti
Institut Teknologi Padang (ITP) melakukan penjajakan kerja sama dengan Cambodia University of Technology and Science (CamTech University) di Kota Phnom Penh, Kamboja. Penjajakan kerja sama ini dilaksanakan secara daring pada Selasa (30/05) yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing perguruan tinggi. 

Dalam kesempatan penjajakan kerja sama ini dihadiri oleh perwakilan ITP yang terdiri dari  Firmansyah David, Ph.D  selaku Wakil Rektor 1, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP, Maidiawati, Dr. Eng selaku Dekan Fakultas Teknik, Mulyati, M.T, selaku Dekan Fakultas Vokasi, dan seluruh Ketua Prodi yang ada di ITP. 



Disisi lain, dari CamTech University dihadiri oleh Dr. Sothy Khieng selaku Founding President, Dr. Prum Sophea selaku Vice Dean  of Engineering and Business Development Officer, Mr. Somoeun Mut selaku  Vice Dean of the Faculty of Arts, Humanities and Social Sciences, dan Dr. Vatana Chea selaku Vice President of Research and Innovation. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas undangan diskusi yang diajukan oleh David yang merupakan rekan saya saat menempuh pendidikan Ph.D. CamTech University sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang tersebar diseluruh dunia , “ ucap Founding President CamTech, Dr. Sothy Khieng. 

Menurut Shoty, ITP dan CamTech University memiliki persamaan nilai, tujuan, dan pandangan dalam transformasi dan inovasi pendidikan. Ia sangat senang dengan adanya kegiatan diskusi ini membuka wawasan baru dan mendorong adanya kolaborasi antara ITP dan Camtech University agar mahasiswa dapat meningkatkan potensi diri. 

“Untuk langkah awal dalam jalinan kerja sama ini kita mulai dengan tiga pilot project meliputi riset penelitian, student exchange, dan internship. Untuk tindak lanjut penjajakan ini kita akan adakan pertemuan lanjutan, untuk membahas prosedur teknis yang diselaraskan dengan kebijakan pendidikan masing-masing negara ,” ungkap ia. 

Pada kegiatan yang dipandu oleh Wenda Nofera, S.T, M.Sc selaku dosen Teknik Sipil ITP kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan profil ITP oleh Firmansyah David, Ph.D. Ia memaparkan terkait sejarah ITP, perkembangan terbaru ITP, dan prestasi serta inovasi yang telah dikembangkan ITP. 



“Telah banyak kegiatan dan inovasi yang telah dikembangkan oleh ITP baik bersama Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA), lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintahan. Saat ini kami berkomitmen untuk meningkatkan kolaborasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara, “ papar WR 1. 

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan kurikulum yang di usung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI. Ia menambahkan kebijakan MBKM ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya. 

Menurut WR 1 program MBKM ini berdampak positif bagi mahasiswa karena dapat membangun kolaborasi dengan berbagai stake holder termasuk dengan perguruan tinggi baik yang berada di Indonesia maupun yang ada diluar negeri. Ia menerangkan sebelumnya ITP telah membangun berbagai kerja sama dan menghasilkan beberapa produk diantaranya Teknologi Tepat Guna dan Start-Up, serta Pengelolaan Teknis. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dari CamTech University, Dr. Shoty merespon dengan cepat ide yang saya ajukan terkait membangun kerja sama ini. Harapannya ITP dan CamTech dapat menjalin kerja sama sehingga mahasiswa dapat  bertukar pengetahuan, mendapatkan pengalaman global, melakukan penelitian bersama, dan belajar bersama secara online dan tatap muka ,” terang WR 1. 



Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan CamTech University oleh  Dr. Prum Sophea selaku Vice Dean  of Engineering and Business Development Officer. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan visi CamTech University menjadi universitas yang terkemuka dalam bidang Teknologi dan Sains dengan menanamkan nilai dan karakter. 

“Fokus utama program dari CamTech University adalah pendidikan yang unggul, inovasi dan entrepreneurship, riset, dan pembangunan yang berkelanjutan.  Kami mendorong mahasiswa untuk merancang karir dari awal mereka kuliah dan mendukung dengan berbagai program yang dapat membantu mereka menemukan jalur karir mereka ,” tutur ia. 

Kegiatan diakhiri dengan diskusi antara seluruh peserta kegiatan, diskusi yang terjalin sangat interaktif dan memberikan pandangan baru bagi peserta kegiatan. Baik pihak Camtech University maupun ITP terlibat aktif dalam sesi diskusi ini, dengan tujuan agar kolaborasi yang akan dilaksanakan dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa yang selaras dengan visi masing-masing perguruan tinggi. 

Created By Widia/Humas