Berita / Akademik /
ITP Gelar Coaching Pelaksanaan Kerja Praktek dan Tugas Akhir Mahasiswa S1 Prodi Teknik Informatika Angkatan 2020
Humas | 21 Mei 2023
Foto : Anna Syahrani, M.Eng

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan Coaching Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA) di Aula Gedung D Lantai II Kampus 1 ITP, Rabu (17/05).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Prodi Teknik Informatika ITP  Eva Yulianti, M.Cs ini dihadiri oleh 52 orang mahasiswa angkatan 2020 Prodi Teknik Informatika dan dosen penasehat akademik serta dosen-dosen prodi Teknik Informatika ITP.

“Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiwa sebelum melaksanakan kerja praktek, dalam coaching ini juga diberikan panduan mengenai tahapan-tahapan serta sistem pelaksanaan yang harus dilalui dalam melaksanakan kerja praktek dan tugas akhir. Dengan adanya coaching ini mahasiswa tidak kesulitan dan kebingungan dalam melaksanakan KP dan TA ,” kata Eva.

Eva juga menambahkan bahwa mahasiswa perlu untuk mempersiapkan dan membekali diri dengan pemahaman materi perkuliahan dan menjaga etika di tempat KP. Selain itu, dengan adanya KP ini mahasiswa  mampu mempersiapkan diri untuk terjun ke masyarakat khususnya dunia kerja.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan ilmu sekaligus bekal untuk mahasiswa dalam melaksanakan KP dan tentu saat KP nanti mahasiswa harus dapat menjaga nama baik ITP  di perusahaan/instansi tempat mereka KP,” tuturnya.

Acara dipandu oleh Dede Wira Trise Putra, M.Kom ini  menghadirkan Dosen TI ITP Ganda Yoga Swara, S.Kom., M.Kom  dan Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi Afif Zirwan, M.Kom sebagai pemateri.

Menurut Ganda, Coaching KP ini merupakan pembekalan kepada mahasiswa untuk terjun kedunia industri dan memberikan wawasan tentang KP dan TA. Di sisi  lain KP merupakan adaptasi mahasiswa mengenal lingkungan pekerjaan dan menghadapi masalah professional yang berkaitan dengan peran mereka di perusahaan.

“Kegiatan pelaksanaan kerja praktek ini  diharapkan dapat menjadi modal besar bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja nantinya ,” jelas Ganda.

Dalam materinya, Ganda menyampaikan mengenai Skema KP dan TA  yang terdiri dari pemilihan lokasi KP dan prosedur pelaksanaan KP dan TA. Ia juga memberikan informasi cara penyusunan laporan KP dan TA sesuai dengan outline dan format yang telah ditentukan.

Ia berharap dengan kegiatan coaching  ini mahasiswa dapat mengetahui tentang apa saja yang harus dilakukan dalam KP dan TA, serta apa saja yang dibutuhkan dalam menyusun proposal dan laporan KP dan TA. Harapannya mahasiswa dapat memenuhi setiap kriteria yang dibutuhkan oleh pihak industri.

“Sebagai mahasiswa tentu kita perlu dalam memperbanyak ilmu, baik ilmu pendalaman materi perkuliahan maupun peningkatan kemapuan softskill. Mahasiswa harus dapat memanfaatkan waktu perkuliahan untuk menggali potensi dan kualitas diri, karena dengan karakter yang unggul seperti kemampuan belajar dan bersosialisasi menjadi modal utama dalam dunia pekerjaan ,” tutup Ganda.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan modul kerja praktek sisfo mahasiwa oleh dan Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi Afif Zirwan, M.Kom. Dalam pemaparannya Afif menjelakan bahwa seluruh Administrasi KP dan TA telah berbasis digital di dalam sistem informasi akademik mahasiswa.

“Sistem informasi administasi KP telah hadir dalam bentuk aplikasi mobile phone maupun berbasis web yang telah terdigitalisasi. Artinya sistem tersebut dapat diakses kapanpun tanpa terikat waktu dan tempat, sehingga bisa mempermudah mahasiswa dan memperlancar birokrasi administrasi KP dan TA ,” papar Afif.

Ia menuturkan mahasiswa perlu memperhatikan dan mengecek emailnya secara berkala, hal ini berkaitan dengan notifikasi dari  sistem akademik baik itu di sisi BAAK ataupun prodi akan terintegrasi dengan email mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memeriksa emailnya karena email yang dikirim kepada mahasiswa berupa tahapan yang dilalui mahasiswa dalam administrasi KP dan TA.

Terakhir Afif juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa Prodi Teknik Infomatikan yang akan melaksanakan KP untuk dapat menjadikan momentum KP sebagai  pengembangan kompetensi baik skill (IT) dan softskil. Serta harapannya mahasiswa mampu mengimplementasikan teori-teori yang dipelajari selama perkuliahan dalam kegiatan pekerjaan di dunia kerja.

 

Created By Widia/Humas