Berita / Akademik /
Program Studi Teknik Informatika ITP Selenggarakan Kuliah Tamu dengan Kominfo Yogyakarta
Humas | 15 Juni 2022
Foto : Humas ITP

Institut Teknologi Padang – Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan pemateri Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom. M.Eng., Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan tema Interoperabilitas (E-GIF dan Implementasinya), Rabu (15/6/2022).


Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika, Eva Yulianti, M.Cs. ini, dilaksanakan secara hybrid, di Kampus I ITP dan via Zoom Meeting dengan diikuti oleh Mahasiswa Teknik Informatika ITP, Dosen Teknik Informatika ITP, BKD Pemprov Bengkulu, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dan perguruan tinggi luar negeri, University of New South Wales Australia. Kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu untuk mata kuliah Interoperabilitas yang diampu oleh Anna Syahrani, M.Eng.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Anna Syahrani, M.Eng. selaku Dosen Program Studi Teknik Informatika ITP, ini memiliki antusias yang besar dari peserta kuliah. Hal ini ditandai dengan berjalannya diskusi yang bagus antar pemateri dan peserta kuliah.


Dalam paparan materinya, Sayuri menjelaskan tentang pentingnya interoperabilitas diterapkan dalam organisasi. Interoperabilitas berkaitan dengan integrasi data, sehingga organisasi atau institusi yang ingin melakukan tata kelola data dan kolaborasi informasi perlu memperhatikan integrasi datanya. Apabila data dikelola dengan baik, tentunya akan membantu dalam pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan.

(nad/humas)