Berita / Akademik /
Sabet 5 Medali di POMProv Sumatera Barat, 4 Engineer Muda ITP Terima Special Reward
Humas | 11 Juni 2022
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang - Empat Engineer Muda, Institut Teknologi Padang (ITP) yang ambil bagian pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMProv) dan Seleksi Provinsi (SelekProv) Sumatera Barat Tahun 2022, berhasil menyabet 5 medali dari tiga Cabang Olahraga (Cabor), meliputi Silat, Atletik dan Karate.

Rinciannya, dua medali emas dipersembahkan engineer muda Wahyu Naufal Hafiz, dari Program Studi Teknik Geodesi, di cabang okahraga (cabor) Atletik dari nomor perlombaan Lempar Cakram dan Tolak Peluru. Kemudian, engineer muda Rahul Maryulis Putra dari Program Studi Teknik Elektro pada cabor Karate under 55 kg mengamankan medali perak. Sementara dua medali perunggu dari cabor Silat, masing-masing didapatkan oleh engineer muda Heru Orlando, dari Program Studi Teknik Mesin yang tampil di kelas B dan engineer muda Candra juga dari Program Studi Teknik Mesin di kelas C.



Total 5 medali ini mengantarkan ITP di peringkat 4 atau 5 besar sementara dari 22 kontingen perguruan tinggi di Sumbar.

Capaian itu, membuat civitas akademik ITP mengapresiasi tinggi ke-4 engineer muda mereka dengan memberikan penghargaan di Ruang Sidang Utama, Gedung D Lantai II, Kampus 1 ITP, pada Jumat (10/6) pagi.

Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd, selaku Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi mahasiswa ITP melalui ajang yang bergengsi di POMProv, karena  telah ikut berkontribusi mengharumkan nama ITP.

“Terima kasih Wahyu, Rahul, Candra dan Heru, yang telah membanggakan ITP. Prestasi ini akan kita dukung penuh karena mengangkat nama baik ITP di bidang non akademik, dan juga perlu dan penting adanya pembinaan terhadap keberadaan organisasi mahasiswa untuk mencapai dan meningkatkan kualitas kampus ITP dengan motto ”Berprestasi dan Berkualitas”.” ujarnya.

Senada dengan Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T., yang menyebutkan kegembiraan dan rasa senang terhadap prestasi yang membanggakan ITP di ajang POMProv Sumatera Barat.

“Prestasi non akademik masuk dalam penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi. Karenanya, ITP mendukung penuh mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga ini,” ujarnya. 

Hendri menambahkan, ini merupakan prestasi yang luar biasa, pertama setelah 2 tahun vakum dengan kegiatan olahraga karena pandemi Covid - 19. Di tahun depan ITP akan membuat beasiswa prestasi untuk memotivasi mahasiswa ITP.



Selama menjalani pertandingan, keempat perwakilan mahasiswa ITP ini didampingi oleh Firmansyah David, Ph.D. selaku Wakil Rektor I ITP dan Saiyidinal Fikri, M.T. selaku Kepala BIKMA dan Pusat Karir ITP.

Acara ditutup dengan penyerahan reward apresiasi dari Ketua Yayasan dan Rektor ITP, diikuti oleh Ketua Program Studi Teknik Geodesi ITP berupa sertifikat, piagam dan penghargaan uang tunai.

(nad/humas)