Berita / Akademik /
Ciptakan Budaya Akademik yang Kuat dan Berintegritas, Rektor ITP Resmi Lantik Senat Akademik ITP Periode 2024-2029
Humas | 29 Juli 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Rektor Institut Teknologi Padang Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T., IPM secara resmi melantik enam anggota Senat Akademik terpilih ITP Periode 2024-2029 secara luring bertempat di Aula Gedung D Kampus I ITP, Senin (29/07). Kegiatan ini juga bersamaan dengan pengambilan sumpah jabatan anggota Senat Akademik terpilih ITP Periode 2024-2029 dan pisah sambut dengan anggota Senat Akademik ITP Periode 2019-2024.

Senat Akademik merupakan bagian dari tiga organ penting dalam struktur organisasi perguruan tinggi bersama dengan Pengurus Yayasan dan Rektor. Anggota senat ITP diangkat dalam jabatan anggota senat dari unsur Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dosen dari setiap Program Studi.

Rektor ITP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Senat Akademik ITP berperan dalam menetapkan kebijakan norma dan kode etik akademik, memberikan pertimbangan, dan melakukan pengawasan terhadap kebijakan Rektor di bidang akademik.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada anggota Senat Akademik terpilih ITP Periode 2024-2029, semoga dapat mengemban tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Harapannya, dalam menjalankan tugas dan fungsinya Senat Akademik ITP dapat bersinergi dengan pimpinan, penjaminan mutu, dan Prodi untuk bersama-sama mengakomodir implementasi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi di lingkungan ITP ,” ungkap Rektor.

Rektor juga menuturkan dipenghujung kepengurusan Senat Akademik ITP Periode 2019-2024, Senat Akademik ITP telah melahirkan 16 pedoman peraturan akademik yang diseleraskan dengan rencana strategis ITP. Pedoman peraturan akademik disusun sesuai dengan tata nilai, perkembangan, dan nilai luhur ITP.


Dalam seremonial pelantikan tersebut, beliau menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada ketua, sekretaris, dan semua anggota Senat Akademik ITP Periode 2019-2024 yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ITP.

“Saya yakin semua akan berujung pada satu titik demi ITP yang lebih berprestasi dan berkualitas. Oleh karena itu, sekali lagi terima kasih Bapak dan Ibu Senat Akademik ITP Periode 2019-2024. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kepada seluruh panitia pemilihan Senat Akademik yang telah bekerja keras dalam proses pemilihan Senat Akademik ITP Periode 2024-2029 ,” ujar ia.

Dalam kegiatan ini, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Ampri Satyawan, S.E., M.M., menuturkan bahwa amanat yang saat ini diberikan kepada anggota Senat Akademik terpilih ITP Periode 2024-2029, adalah pekerjaan yang sangat penting dalam menentukan arah perjalanan ITP kedepan.

Sebagaimana yang tertuang dalam Statuta ITP, Senat Akademik merupakan badan normatif yang berperan dalam menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan, dan melakukan pengawasan di bidang akademik. Sehingga, penting menyamakan persepsi untuk menentukan arah strategis ITP menuju perguruan tinggi yang berwawasan global.

Menurutnya pelantikan ini merupakan momentum yang sangat penting bagi perjalanan ITP, acara ini menjadi langkah penting dalam pembentukan dan pemeliharaan budaya akademik yang kuat dan berintegritas. Senat Akademik menjadi organ potensial dalam menentukan arah dan kebijakan pengelolaan ITP dalam menghadapi tantangan kedepannya.

“Selamat mengemban tugas bagi Bapak dan Ibu Senat Akademik terpilih ITP Periode 2024-2029, ITP menunggu kontribusi Bapak dan Ibu bagi kampus tercinta. Mari bersama-sama kita membawa kapal besar ini menuju visi dan misi yang telah kita sepakati bersama, menjadikan ITP lebih baik di masa yang akan dating ,” tutu pia.

Pada kesempatan ini turut hadir Wakil Ketua YPTP, Ir. Wilton Wahab, M.Eng., Sekretaris YPTP, Ir. Drs. Anrinal, S.E., M.T., Wakil Rektor I Rektor ITP, Firmansyah David, Ph.D ., Wakil Rektor II Rektor ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng., Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Dr. Maidiawati, S.T., M.Eng., Dekan Fakultas Vokasi ITP, Mulyati, M.T., serta pejabat struktural, dosen, dan karyawan ITP.

 

Created By Widia/Humas