Berita / Akademik /
Komitmen Transparan dan Akuntabel, Pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029 Terus Bergulir
Humas | 30 Juli 2024
Foto : Panitia Pemilihan Rektor ITP

Suksesi kepemimpinan Institut Teknologi Padang untuk masa jabatan 2025-2029 sudah mulai bergulir melalui proses Pemilihan Rektor. Setelah melalui periode pendaftaran hingga 15 Juli lalu, secara resmi panitia telah selesai melakukan proses seleksi administrasi kepada seluruh pendaftar Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor ITP, Fajrin,M.Si menyampaikan permohonan maaf kepada para pendaftar atas perubahan jadwal pengumuman Bakal Calon Rektor ITP yang semula di jadwalkan pada tanggal 24 Juli 2024 diundur menjadi tanggal 29 Juli 2024.

Setelah melewati periode pendaftaran dan seleksi administratif, panitia telah menetapkan nama-nama Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2025. Keputusan ini merupakan hasil dari proses pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi seleksi Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029 dan diputuskan dalam forum rapat bersama pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang.

“Hasil ini kami sampaikan kepada publik sebagai bentuk komitmen panitia mengusung asas transparansi, selama rangkaian proses seleksi pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029,” ujar beliau.

Pada tahap sebelumnya yaitu tahap pendaftaran, panitia menerima beberapa dokumen pendaftaran Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029. Berdasarkan hasil verifikasi dan pemeriksaan dokumen terdapat calon yang tidak melengkapi persyaratan administrasi, ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak di dalam proses seleksi.

Saya mewakili seluruh panitia pemilihan Rektor ITP mengucapkan terima kasih kepada para pendaftar yang telah berpartisipasi dalam proses seleksi Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029. Serta selamat bagi pendaftar yang berhasil lolos ke tahap berikutnya ,” ungkap ia.

Usai pengumuman Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029, proses seleksi dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya, yaitu penyampaian arahan strategis pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang kepada Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029 yang akan diselenggarakan pada 05 Agustus 2024.

Setelah itu, para pendaftar akan mengikuti pemilihan Bakal Calon Rektor ITP menjadi Calon Rektor ITP Periode 2025-2029 yang akan diselenggarakan pada 02 September 2024. Peserta dari pemilihan Calon Rektor ITP ini adalah 63 daftar pemilih yang merupakan dosen tetap aktif ITP yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Nomor 112/YPTP/ITP/SK/1/V/2024.

Terdapat beberapa kriteria penilaian dalam seleksi pemilihan Calon Rektor ITP meliputi integritas, leadership, memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang pengelolaan pendidikan tinggi, dan memiliki visi dan misi yang jelas dalam mengelola perguruan tinggi.

Calon pimpinan ITP juga diharapkan memiliki jiwa entrepreneurship, mempunyai waktu yang cukup untuk mengelola lembaga, mampu berkomunikasi dalam forum nasional maupun internasional, dan mampu melakukan optimasi sumberdaya untuk meraih keunggulan.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan proses seleksi dengan transparan, objektif, dan adil, demi menemukan sosok pemimpin yang terbaik untuk membawa ITP menuju masa depan yang gemilang ,” tutup ia.

Info selengkapnya tentang mekanisme Pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029 dapat diakses daring lewat laman https://itp.ac.id/pemilihan-rektor.

 

Created By Widia/Humas