Berita / Akademik /
Komitmen Cetak Talenta Konstruksi Profesional, Prodi D4 TRKBG ITP Gelar Kuliah Lapangan ke Proyek Pembangunan Basko City Mall
Humas | 09 Juli 2024
Foto : Dokumentasi Prodi TRKBG ITP

Kunjungan kuliah lapangan ke proyek konstruksi merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa. Untuk mendapatkan manfaat ini, Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (TRKBG) Institut Teknologi Padang menyelenggarakan kuliah lapangan di proyek pembangunan Basko City Mall, Selasa (09/07).

Kuliah lapangan tersebut merupakan sebuah proses transformasi mahasiswa Prodi TRKBG ITP menjadi junior building structural engineer, yaitu seorang ahli struktur bangunan gedung yang telah mengaplikasi ilmunya secara nyata pada industri konstruksi gedung.

Ketua Prodi TRKBG, Misbah, M.T. mengungkapkan kuliah lapangan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap semesternya. Kali ini, kuliah lapangan merupakan bagian dari praktek mata kuliah struktur beton 1, teknologi beton, dan struktur baja yang bertujuan untuk memperdalam mengenai pelaksanaan konstruksi di lapangan.


Lebih lanjut, tujuan kuliah lapangan adalah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa agar dapat mengintegrasi teori dari pembelajaran di kampus dengan praktik di lapangan. Sehingga dapat membantu mahasiswa pemahaman yang lebih baik tentang industri konstruksi, dan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang konstruksi profesional.

Peserta kuliah lapangan berjumlah 23 orang mahasiswa Prodi D4 TRKBG ITP dan turut didampingi oleh Dekan Fakultas Vokasi, Mulyati, M.T. Kegiatan dipandu oleh tim dari PT. Graha Jakarta Utama yang bergerak di bidang konstruksi dan merupakan pemegang proyek pembangunan Basko City Mall, Padang.

Kegiatan kuliah lapangan dimulai dengan sesi safety introduction yang menjelaskan tentang bagaimana proyek menerapkan sistem keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berkaitan dengan potensi bahaya di lokasi proyek. Mahasiswa diberi pengetahuan dan penjelasan tentang elemen keselamatan dan tata tertib kunjungan di lokasi proyek.


Selanjutnya tim dari PT. Graha Jakarta Utama memberikan penjelasan mengenai struktur proses pembangunan dan struktur proyek Basko City Mall. Tim dari PT. Graha Jakarta Utama menerangkan proses pembangunan Basko City Mall mulai dari persiapan pembangunan, proses penyusunan kerangka konstruksi, hingga pembangunan dilaksanakan.

Harapannya melalui kuliah lapangan ini menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa Prodi D4 TRKBG ITP khususnya mengenai proses pembangunan gedung, serta membangun jaringan dengan dunia kerja dan dunia usaha.

Di samping keterampilan Teknik, mahasiswa Prodi D4 TRKBG ITP juga akan mempelajari prinsip-prinsip dan nilai-nilai kepemimpinan, yang akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli teknik yang kompeten dan beretika dengan jiwa kewirausahaan.

Kuliah lapangan menjadi bukti komitmen ITP dalam membentuk lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan mampu menjawab kebutuhan industri. Kegiatan ini turut memberi nilai bagi Prodi D4 TRKBG ITP sebagai institusi Pendidikan yang terakreditasi dan sebagai nilai tambah menuju ITP unggul, berwawasan, dan berintegritas.

 

Created By Widia/Humas