Berita / Akademik /
Asah Cakrawala Manajemen Proyek Konstruksi, Prodi D4 TRKBG ITP Lakukan Kuliah Lapangan ke Proyek Pembangunan PT. Nusa Konstruksi Enjiniring
Humas | 19 Juni 2024
Foto : Dokumentasi Prodi TRKBG ITP

Mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (TRKBG) Angkatan 2022 Institut Teknologi Padang, mengadakan kuliah lapangan ke proyek pembangunan Gedung Labor dan Kelas Kuliah Jurusan Seni Rupa (FBS) Universitas Negeri Padang pada Rabu (19/06). Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran mata kuliah Manajemen Proyek dan Manajemen K3.

Kuliah lapangan ini dihadiri kurang lebih 14 mahasiswa dari Prodi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung ITP, yang bertujuan untuk mengenalkan metode konstruksi pada proyek ini yang dapat menjadi bekal bagi mahasiswa pada saat terjun ke dunia kerja.


Ketua Prodi D4 TRKBG ITP, Misbah, M.T. menyampaikan bahwa  kuliah lapangan ini merupakan bentuk implementasi dari kerja sama antara  Prodi D4 TRKBG ITP dengan PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk, dalam rangka memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menggali wawasan tentang manajemen proyek dan K3 di lingkungan kerja yang nyata.

Pada awal sesi kuliah lapangan mahasiswa diberikan briefing singkat tentang safety instruction, terkait keselamatan dan aturan yang harus ditaati selama berada di site proyek. Selanjutnya, mahasiswa melakukan peninjauan langsung ke lokasi proyek Bersama tim PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk.


Mahasiswa Prodi D4 TRKBG ITP diajak untuk memahami bagaimana proses pelaksanaan pekerjaan konstruksi sebuah Gedung, dengan memperhatikan berbagai aspek dari mulai dari lingkungan hingga konstruksi.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk melihat langsung proyek pembangunan Gedung Labor dan Kelas Kuliah Jurusan Seni Rupa (FBS) UNP. Para mahasiswa dapat kesempatan untuk belajar dari para praktisi profesional konstruksi yang menjelaskan secara detail tentang proses pembangunan dari awal hingga rencana penyelesaian dan keberlanjutannya, “ ujar ia.

Dengan adanya kuliah lapangan ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai dunia kerja bidang konstruksi dan project management. Harapannya para mahasiswa kelak dapat menjadi seorang lulusan ITP yang selalu “eager to learn” guna meningkatkan kompetensi diri.


Hal ini juga menjadi bukti komitmen ITP dalam membentuk lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan mampu menjawab kebutuhan industri. Sehingga siap menjadi “The Next Great Innovator”, andal, dan berkualitas dalam membangun berbagai infrastruktur demi kemajuan negara.

Prodi D4 TRKBG ITP melatih mahasiswa untuk merancang, membangun, memelihara struktur dan infrastruktur fisik yang aman, efisien, serta ramah lingkungan. Mahasiswa belajar untuk menerapkan prinsip-prinsip perencanaan, pelaksanaan, dan juga pengawasan proyek pembangunan Gedung.

 

Created By Widia/Humas