Berita / Akademik /
Perkuat Koneksi Akademik Internasional, ITP Jajaki Kerja Sama dengan INTI International University Malaysia
Humas | 27 Juni 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang (ITP) terus berupaya meluaskan jaringan mitra dengan perguruan tinggi mancanegara untuk mendukung misinya sebagai World Class University. Sebagai Langkah nyata untuk memperluas kerja sama internasional, ITP menerima kunjungan dalam rangka penjajakan kerja sama bidang Pendidikan dan Penelitian dari INTI International University Malaysia, Kamis (27/06).

Kunjungan Professor Dr. Goh Khang Wen, selaku Pro Vice Chancellor International Relation and Collaborations, INTI International University, disambut hangat oleh Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM didampingi Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, Anna Syarani, M.Eng di Ruang Rektor ITP.

Rektor ITP menyampaikan penjajakan kerja sama ini adalah titik awal kerja sama kedua pihak dalam Pendidikan dan Penelitian. Beliau menambahkan bahwa penjajakan kerja sama ini bertujuan untuk menjalin kolaborasi ITP dengan INTI International University dalam peningkatan kualifikasi pendidikan dosen untuk S3/PhD, Joint Research, Joint Supervision, Visiting Professor, Joint Publication dan mobilitas dosen/mahasiswa.

Harapannya melalui diskusi peluang kerja sama ini para sivitas akademika ITP dapat memperluas networking. Selain itu, peluang program Joint Research dan Joint Publication juga membuka kesempatan untuk mengembangkan proyek riset inovatif, yang berwawasan global dan berdampak positif pada peningkatan publikasi ilmiah internasional ITP.


“Kami tidak hanya ingin ITP menjadi yang terdepan di Indonesia saja, akan tetapi juga dapat bersaing di tingkat internasional. Oleh karena itu, kami selalu ingin meningkatkan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi yang terbaik di seluruh dunia ,” ungkap Rektor ITP.


Prof. Goh yang didampingi oleh Riko Ervil, M.T., IPU selaku Pengurus APTISI Wilayah XA Sumbar menegaskan bahwa ITP merupakan perguruan tinggi yang tepat untuk menjalin berbagai program kerja sama khususnya di bidang pengembangan engineering dan teknologi.

INTI International University menempati 516 th QS World University Rankings 2024 yang memperkuat reputasi globalnya sebagai universitas swasta Malaysia teratas. Melalui diskusi ini Prof.Goh juga melakukan sharing knowledge tentang kiat-kiat meningkatkan publikasi ilmiah dan QS th QS World University Rankings serta strategi pengembangan akademik perguruan tinggi swasta.


Menurut Prof.Goh ini adalah kesempatan emas untuk mempererat hubungan kemitraan di antara dua institusi di negara yang serumpun ini, khususnya di bidang Pendidikan tinggi. Harapannya melalui diskusi kerja sama ini dapat bersama-sama mendobrak peningkatan riset dan publikasi internasional kedua perguruan tinggi.

“Saya berharap melalui penjajakan kerja sama ini dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi akademik kedua perguruan tinggi, serta membuka peluang-peluang baru untuk kerja sama di masa depan ,” harap Prof.Goh.


Created By Widia/Humas