Berita / Akademik /
Wisuda 105 Insan Kreatif Berdaya Cipta, ITP Lahirkan Lulusan Adaptif dan Multitalenta
Humas | 05 Juni 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang (ITP) Kembali menggelar prosesi kelulusan mahasiswanya lewat perhelatan wisuda ke -80 yang diselenggarakan pada Kamis Rabu (05/06) bertempat di Grand Ballroom The ZHM Premier Hotel. Sebanyak 105 wisudawan secara resmi dinyatakan lulus oleh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, S.T.,M.T. IPM.


Dalam sambutannya, Rektor ITP mengungkapkan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studi di ITP dengan gemilang dan meraih gelar akademis jenjang Sarjana dan Diploma. Sebanyak 34 wisudawan memperoleh predikat pujian, dengan IPK tertinggi diraih oleh Ghina Pricilia Darmansyah dari Prodi Teknik Sipil dengan IPK 3.85.


“Selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang resmi diwisuda pada hari ini, gelar yang diterima hari ini bisa menjadi Langkah awal bagi wisudawan dan wisudawati untuk berkontribusi memajukan pembangunan bangsa ,” ungkap Rektor ITP.


Pada kesempatan ini, Rektor ITP mengajak para wisudawan untuk memanfaatkan perkembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dengan bijak dan proporsional.


Salah satu misi ITP adalah menumbuhkembangkan lulusan yang berdaya cipta. Oleh karena itu, ITP menempa mahasiswanya untuk menjadi pemimpin dan agent of change dengan membekali mereka dengan kemampuan berpikir kritis, inovatif, serta jeli menganalisis permasalahan di sekitarnya.


Lebih lanjut, Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Ampri Satyawan, S.E., M.M. menyampaikan komitmen YPTP dalam mendukung ITP dalam pengembangan pendidikan yang unggul dan berkualitas.


“ITP berlandaskan pada pengetahuan, berpikir kritis, maka pemecahan masalah didasari pada pertimbangan ilmiah dan berpegang teguh pada nilai-nilai integritas, kejujuran, dan keadilan. ITP telah menjadi rumah Pendidikan Teknik Terbaik di Sumatera Tengah dan pembentukan karakter yang bijaksana dan profesional ,” tutur ia.


Perhelatan wisuda ke-80 ITP turut dihadiri oleh Drs. Jasman, MM selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan mewakili Gubernur Sumatera Barat. Ia mengatakan kiprah ITP telah nyata bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan Teknik di Sumbar.


“Saya mewakili pemerintahan Sumbar mengucapkan selamat kepada para wisudawan, dan yang teristimewa kepada orang tua dan keluarga yang sudah mendampingi anak-anak kita selama perjalanan akademiknya. Tentu, gelar bukanlah puncak pencapaian ananda tetapi jadi awalan bagi langkah pengembangan pengetahuan untuk menghadapi tantangan kedepan ,” ujar beliau.


Acara dilanjutkan dengan Penyerahan secara simbolis sertifikat uji kompetensi BNSP Skema Las SMAW/3G oleh Yanri, S.Pd, M.Kom selaku Sub Koordinator Pemberdayaan BPVP Padang. Sertifikat uji kompetensi diserahkan kepada 24 mahasiswa Prodi DIII Teknik Mesin ITP yang telah mengikuti pelatihan intensif dan dinyatakan lulus uji sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI.

 

Created By Widia/Humas