Berita / Akademik /
PKKMB ITP Tahun 2023 Hari Kedua, Bekali Mahasiswa Pengenalan Kehidupan Kampus dan Penanaman Nilai serta Karakter
Humas | 20 September 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Melanjutkan rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Institut Teknologi Padang (ITP) Tahun 2023, ITP menggelar PKKMB hari kedua pada Rabu (20/09) bertempat di Kampus 1 ITP. Tidak kalah meriah dengan gelaran PKKMB hari pertama, rangkaian PKKMB ITP Tahun 2023 lebih berfokus pada pengenalan kehidupan perkuliahan di ITP, penanaman nilai dan norma, serta pemamaparan materi pendidikan karakter bagi para Engineermuda ITP angkatan 2023.


Rangkaian PKKMB ITP Tahun 2023 hari kedua diawali dengan pemamaparan materi  pengenalan Pusat Layanan Terpadu dan Perpustakaan ITP yang dipimpin oleh Afif Zirwan, M.Kom selaku moderator. Pemateri pada sesi ini ialah Ka. Biro PLT ITP, Hamdi Habdillah, M.Kom, dalam sesi ini pemateri memberikan informasi mengenai profil PLT ITP dan berbagai layanan akademik yang berada dibawah koordinasi PLT ITP.


Acara dilanjutkan dengan  penyampaian materi bertajuk “Sistem Pendidikan Indonesia di era Revolusi Industri 5.0 dan Society 5.0” yang dipaparkan oleh  Firmansyah David, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP. Sesi pemapararan materi dilanjutkan dengan materi “mengenai Kurikulum Perguruan Tinggi dan Implementasi MBKM” yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Maidiawati, S.T., M.Eng ., Dr. Eng.


"Kenali potensi diri, tentukan tujuan dan target, serta bangun komunikasi yang baik merupakan kiat berhasil dalam study, " pesan Dekan Fakultas Teknik ITP.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang bertajuk “Keuangan dan Beasiswa” oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng, dalam sesi ini Wakil Rektor II ITP menyampaikan program-program beasiswa unggulan yang ada di ITP.


Sesi materi dilanjutkan dengan pemaparan materi nilai dan norma bagi para mahasiswa baru ITP angkatan 2023, sesi ini dipimpin oleh Ilham Armi, M.T dengan menghadirkan Kasubdit III Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar, AKBP Budi Siswono, S.Sos,. M.H. selaku pemateri. Pada sesi ini AKBP Budi Siswono, S.Sos,. M.H. menjelaskan materi terkait Pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba dan mengajak Engineermuda ITP untuk bersama-sama menyerukan perang terhadap penyalahgunaan narkoba.


Rangkaian PKKMB ITP Tahun 2023 hari kedua diakhiri dengan penyampaian materi “Membentuk karakter mahasiswa yang menghargai kemanusiaan dan membangun Kesehatan mental” oleh salah seorang dosen Teknik Mesin ITP, Dr. Ade Indra, M.T, sesi ini dipandu oleh Umar Hanafi Khalid, S.Kom selaku moderator.


“Mahasiswa ITP adalah mahasiswa yang memiliki karakter yang dapat menghargai kemanusiaan dan memiliki mental yang sehat. Disamping itu, mahasiswa harus menanamkan sikap jujur, disiplin, serta kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas, “ terang Dr.Ade.

PKKMB ITP Tahun 2023 hari kedua juga dimeriahkan dengan doorprize yang diberikan oleh masing-masing pemateri. Diharapkan dengan adanya paparan materi dapat meningkatkan motivasi dan semangat mahasiswa dalam proses studi di ITP.

Created By Widia/Humas