Berita / Akademik /
ITP Gelar Seleksi Wawancara Penerima Beasiswa KIP Kuliah, Jaring Anak Muda Berkarakter Unggul
Humas | 29 Agustus 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Institut Teknologi Padang (ITP) melaksanakan seleksi verifikasi dan wawancara bagi calon mahasiswa baru penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Seleksi verifikasi dan wawancara ini diikuti oleh peserta yang sudah dinyatakan lulus penerimaan mahasiswa baru ITP pada 16 Agustus 2023,  bertempat di Aula Gedung D Kampus I ITP, serta diselenggarakan selama dua hari dimulai dari tanggal 23 hingga 24 Agustus 2023.

Dalam penyampaian laporan kegiatan, Ketua Pelaksana seleksi verifikasi dan wawancara KIP Kuliah ITP, Dr. Harison, M.Kom mengatakan dari kuota yang telah ditetapkan oleh LLDIKTI Wilayah X, kita telah melakukan seleksi administrasi terhadap 500 pendaftar jalur beasiswa KIP Kuliah. Pada tahap seleksi verifikasi dan wawancara terpilih 107 orang calon penerima program beasiswa KIP Kuliah setelah melewati seleksi yang cukup ketat.



“Wawancara KIP Kuliah menggunakan kriteria penilaian yang telah diatur oleh Kemendikbud ristekdikti yang terdiri dari beberapa aspek penilaian dan ketentuan administrasi lainnya. Pada tahap seleksi verifikasi dan wawancara ini harapannya mahasiswa dapat menyampaikan dengan baik profil diri agar beasiswa yang diberikan sesuai dengan sasaran program beasiswa ,” ujarnya.

Dr. Harison menekankan bahwa dalam kelulusan KIP Kuliah Tahun Akademik 2023/2024 ini terdapat dua skema kelulusan, pada skema pertama penerima KIP Kuliah menerima bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup. Sedangkan, pada skema kedua penerima KIP Kuliah hanya menerima bantuan pendidikan saja.



Rektor ITP Dr.Ir. Hendri Nofrianto menuturkan tahap verifikasi dan wawancara adalah proses menyamakan presepsi antara lembaga pendidikan dan calon penerima beasiswa KIP. Ia menambahkan tim pewawancara berasal dari masing-masing Program Studi (Prodi) yang ada di ITP, tim pewawancara akan menggali kemampuan ekonomi dan kemampuan akademik peserta seleksi beasiswa KIP Kuliah.



“Selain aspek akademik dan finansial, tim pewawancara juga akan menggali karakter dari peserta calon penerima beasiswa KIP Kuliah, termasuk pengalaman organisasi yang dimiliki oleh peserta seleksi. Kita ingin merekrut mahasiswa yang punya karakter unggul, karena kemampuan akademis dapat dilatih namun karakter adalah nilai diri yang sangat berharga, Indonesia menunggu anak  muda yang punya karakter unggul ,“ tutur Rektor.



Ia mengungkapkan sasaran dari program KIP Kuliah adalah memberikan akses pendidikan tinggi bagi calon mahasiswa yang berprestasi baik prestasi akademik maupun non-akademik, namun terbatas secara finansial. Sehingga ITP berkomitmen untuk dapat menyalurkan beasiswa ini kepada para calon mahasiswa yang membutuhkan, sehingga akses pendidikan tinggi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Created By Widia/Humas