Berita / Akademik /
Jaring Talenta Unggul, Institut Teknologi Padang Gelar Seleksi Wawancara Beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Tahun 2023
Humas | 11 Agustus 2023
Foto : Rahmadania, S.Kom

Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan seleksi beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP) untuk penerimaan mahasiswa baru 2023 berupa seleksi wawancara yang dilaksanakan secara luring pada Selasa (08/08) di Aula Gedung D Kampus 1 ITP. Beasiswa YPTP ini akan diberikan kepada talenta terbaik yang dinyatakan lulus pada seluruh rangkaian tahap seleksi yang diselenggarakan oleh ITP.


Rektor ITP, Dr.Ir. Hendri Nofrianto, M.T dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para kandidat penerima beasiswa YPTP Tahun 2023 dan selamat berjuang dalam seleksi tahap wawancara. Rektor juga menjelaskan beasiswa YPTP ini merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi baik akademik maupun non-akademik namun tidak mampu secara finansial.

“Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan biaya pendidikan yang diberikan berupa bebas pembayaran uang kuliah selama satu tahun dan dapat diperpanjang tiap semesternya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Setiap semesternya akan ada monitoring dan evaluasi terhadap mahasiswa penerima beasiswa yayasan berkaitan dengan indikator akademik, keaktifan mahasiswa dalam mengembangkan diri, dan mengikuti kegiatan pendukung lainnya ,” ungkap Rektor.

Acara dilanjutkan dengan seleksi tahap wawancara dengan calon kandidat penerima beasiswa YPTP yang berasal dari berbagai latar dan daerah asal, selain calon kandidat yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat terdapat juga calon kandidat yang berasal dari daerah lainnya. Tes seleksi wawancara dilakukan oleh perwakilan akademisi ITP yang merupakan tim profesional dan ahli dibidangnya.


Panitia menghadirkan enam orang dosen kompeten yang berasal dari masing-masing Program Studi di ITP, terdiri dari Dr. Nofriady Handra, M.Sc., Busran, S.Pd, M.T., Arfita Yuana Dewi Rachman, S.T., M.T., Syafri Wardi, Ph.D., Minarni, S.Si, M.T., dan Fajrin, M.Si. Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Rektor 1 ITP, Firmansyah David, Ph.D, Kepala BIKMA, Saiyidinal Fikri, M.T., dan karyawan LP2M, BIKMA dan Pusat Karir, Rahmadania, S.Kom.


Harapan dari seleksi wawancara ini nantinya didapatkan kandidat yang memenuhi syarat untuk menjadi penerima beasiswa YPTP dan mempunyai komitmen penuh dengan ITP" tutur Saiyidinal Fikri, M.T., selaku Ka.BIKMA dan Ketua Pelaksana Beasiswa YPTP Tahun 2023.


Saat proses seleksi wawancara mahasiswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menyampaikan potensi dan kompetensi diri yang mereka miliki, seluruh peserta seleksi mengikuti rangkaian seleksi wawancara dengan baik dan lancar. Harapannya, para penerima beasiswa YPTP yang terpilih nantinya dapat menjalani perkuliahan dengan baik dan menjadi lulusan yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Pengumuman hasil seleksi beasiswa akan diinformasikan melalui website spmb.itp.ac.id. Untuk kandidat yang tidak lulus seleksi beasiswa, para peserta masih berkesempatan untuk berkuliah di ITP melalui jalur reguler.

Creadit By Widia/Humas