Berita / Akademik /
Dukung Pendidikan Karakter dan Bangun Jiwa Sportivitas Peserta Didik, ITP Jalin Sinergi dengan Infosumbar dalam Pelaksanaan Infosumbar Futsal Championship 2023
Humas | 04 Agustus 2023
Foto : Infosumbar Futsal Championship 2023

Dalam rangka mendukung pendidikan karakter dan membangun jiwa sportivitas peserta didik, Institut Teknologi Padang (ITP) turut serta menjadi bagian dari pelaksanaan Infosumbar Futsal Championship 2023 yang diselenggarakan oleh Media Infosumbar. Kegiatan ini merupakan Liga Pertandingan Futsal Antar SMA/MA se-Sumatera Barat yang diselenggarakan di Rafhely Futsal By Pass, Kota Padang, pada 27-30 Juli 2023.


Dukungan yang diberikan oleh ITP merupakan salah satu bentuk komitmen ITP untuk berkontribusi dalam menfasilitasi bakat dan minat pelajar di bidang non-akademik yaitu olahraga, khususnya futsal. Dukungan ini juga sebagai langkah komprehensif  mencetak generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.


Lebih lanjut, partisipasi ITP dalam kegiatan Infosumbar Futsal Championship 2023 merupakan bentuk sinergitas antara ITP sebagai lembaga pendidikan dengan Infosumbar sebagai Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), dalam upaya mebangun kolaborasi berkelanjutan sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diusung oleh Kemendikbud ristekdikti dan mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah dirancang oleh Kemenpora.

 



Sesuai arahan kemendikbud ristekdikti peserta didik berhak untuk mengembangkan minat dan bakatnya, termasuk di bidang olahraga. Kegiatan kompetisi olehraga seperti Infosumbar Futsal Championship 2023 sangat penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda untuk berkarya dan berprestasi.



 

ITP sebagai lembaga pendidikan memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya, terbukti ITP telah menorehkan berbagai prestasi baik dibidang akademik dan non-akademik. Pada bidang akademik, mahasiswa Teknik Sipil ITP berhasil meraih peringkat kedua AutoCad Competition se-Kota Padang dan Mahasiswa Teknik Informatika ITP berhasil meraih dua medali dalam Kejuaraan Sains Nasional.

 

Di sisi lain, mahasiswa ITP juga berhasil mengukir prestasi dalam bidang non-akademik diantaranya, Tim Futsal ITP meraih Juara 2 Tournament Futsal Dekan Cup UNP 2023 Antar Perguruan Tinggi Se-Sumatera Barat, kemudian Tim E-Sport ITP raih Juara III Turnamen E-Sport se-Kota Padang, dan Tim Voli ITP berhasil menjadi Runner Up Turnamen Voli se-Kota Padang.

 

Hal ini menunjukkan ITP merupakan perguruan tinggi yang mendorong dan mendukung mahasiswa dengan memberikan ruang bagi mahasiswa dalam mewujudkan potensi dirinya. Dukungan ITP dalam Infosumbar Futsal Championship 2023 diharapkan dapat menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik melalui olahraga, meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga peserta didik baik ditingkat regional, nasional, bahkan internasional, serta sebagai bentuk pencarian bibit-bibit atlet futsal yang dapat menorehkan berbagai prestasi.

 

CEO Infosumbar, Vembi Fernando mengucapkan terima kasih kepada ITP yang telah memberikan dukungan dan kontribusinya dalam rangkaian Infosumbar Futsal Championship 2023, dan berharap kedepannya Infosumbar dan ITP sama-sama bergandengan tangan dalam mendukung pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

 

Created By Widia/Humas