Berita / Akademik /
ITP Lulus Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek Dikti Tahun Anggaran 2023
Humas | 18 April 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang (ITP) berhasil memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)  Kemendikbudristek RI tahun anggaran 2023.  Ini merupakan tahun ketiga ITP berhasil meraih hibah  pendanaan ini, setelah sebelumnya diraih oleh Prodi lain di ITP.

Tahun ini Prodi Teknik Geodesi ITP berhasil lolos hibah pendanaan PKKM Kemendikbudristek RI setelah melewati tahap seleksi yang ketat. Hibah PKKM merupakan Program yang prestisius, ITP berhasil lolos setelah melewati Seleksi Kualitas dan Kelayakan Proposal PK-KM 2023 dan tahap Verifikasi Kelayakan bersama 382 PTN dan PTS se Indonesia.

Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) diberikan untuk pengembangan Kampus Merdeka di tingkat Prodi. Prodi Teknik Geodesi berkomitmen memanfaatkan dana yang diberikan  Kemendikbudristek RI untuk menyelenggarakan berbagai program kegiatan.

Teknik Geodesi telah merancang dana hibah yang diperoleh akan digunakan untuk peningkatan kapasitas dosen, kerja sama penelitian, peningkatan fasilitas kampus, peningkatan prestasi mahasiswa, pertukaran mahasiswa, serta inovasi lainnya dari kampus.

Pada program penguatan mahasiswa program yang diusung adalah program MBKM mandiri yang terdiri dari kegiatan Student Exchange, Magang, Membangun Desa, dan penguatan Studi Independen.

Program selanjutnya lebih mengarah pada kompetensi dosen, yakni kegiatan Workshop Dosen dan Sertifikasi Kompetensi. Dalam peningkatan kualitas Pendidikan, perlu adanya penguatan pada bidang fasilitas belajar, peningkatan kompetensi pendidik, dan pemberdayaan peserta didik.

Ketiga penguatan tersebut adalah faktor kunci dalam keberhasilan Pendidikan yang berkesinambungan dan selaras dengan dunia industri. 

Harapannya dana hibah dari PKKM itu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi, serta pengembangan program studi menuju World Class University.

Selain itu, dengan lolosnya ITP pada program-program hibah kampus merdeka menjadi semangat baru bagi ITP untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kurikulum kampus merdeka.


Created By Widia/Humas