Berita / Akademik /
Perkuat Budaya Literasi, Perpustakaan ITP Tambah Koleksi Buku Wujudkan Layanan Inklusif dan Berkelanjutan
Humas | 13 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Dalam rangka peningkatan pengembangan mutu layanan dan sebagai upaya percepatan inovasi, perpustakaan Institut Teknologi Padang melakukan penambahan 105 eksemplar buku yang terdiri dari 28 judul buku pada Juli lalu. Penambahan koleksi buku ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran dan peningkatan pertumbuhan koleksi buku di perpustakaan ITP.

Saat ditemui secara langsung, kepala Perpustakaan ITP, Katya Blinda Putri, S.T. menuturkan pengadaan buku di perpustakaan ITP merupakan upaya mengeksplorasi strategi dan praktik terbaik untuk mengoptimalkan layanan perpustakaan. Ia menuturkan pengadaan buku merupakan bagian fokus utama dari program kerja perpustakaan ITP dalam memperkuat fungsi perpustakaan dalam penyediaan referensi dan sumber informasi.

“Koleksi buku baru tersebut terdiri dari muatan bidang keilmuan Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Geodesi, dan Teknik Lingkungan. Seluruh judul buku yang ditambahkan telah dikoordinasikan dengan seluruh Ketua Program Studi dengan tujuan agar koleksi buku yang ditambah selaras dan relevan dengan kebutuhan tiap-tiap Prodi di ITP ,” ujar Ka.Perpustakaan ITP.

Ka.Perpustakaan ITP juga menjelaskan bahwa koleksi buku yang ditambah merupakan terbitan lima tahun terakhir, sehingga muatan buku telah selaras dengan perkembangan zaman dan informasi terkini dari masing-masing bidang keilmuan. Ia menjelaskan pengadaan buku ini merupakan langkah progresif perpustakaan ITP menuju akreditasi perpustakaan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kualitas dari perpustakaan di sebuah perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam menunjang kemajuan ilmu pengetahuan, dengan menyediakan referensi yang relevan untuk mendukung kebutuhan riset dan penulisan karya ilmiah sivitas akademika.


Ia mengatakan sebagai pusat informasi dan pembelajaran, perpustakaan ITP terus berupaya bergerak dinamis dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan informasi.  Dalam upaya mendukung visi ITP sebagai perguruan tinggi berkelas dunia, perpustakaan ITP terus berupaya menyediakan beragam referensi baru yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian.

“Harapannya dengan adanya penambahan buku ini semakin meningkatkan minat baca dan literasi seluruh sivitas akademika ITP. Kami juga berkomitmen senantiasa berusaha menciptakan suasana perpustakaan menjadi lebih nyaman, tenang, dan mampu menjadi tempat yang representatif bagi seluruh sivitas akademika ITP ,” ungkap ia.

Pada kesempatan yang sama, Pustakawan Bidang Pengolahan & Pengembangan Koleksi, Muhammad Iqbal, M.A., menuturkan dalam daur hidup perpustakaan pengadaan merupakan proses awal dan merupakan instrumen penting dalam tata Kelola perpustakaan. Menurutnya secara regulasi, proses pengadaan buku dilakukan satu kali setahun oleh tiap perpustakaan.

Ia juga menuturkan saat ini seluruh buku di perpustakaan ITP telah memiliki International Standard Book Number (ISBN), hal ini membuktikan bahwa seluruh koleksi buku yang ada di perpustakaan ITP telah melalui proses legal dan terdaftar di perpustakaan nasional. Sehingga, dapat dipastikan muatan atau isi dari buku tersebut telah melalui uji kelayakan dan validasi dari lembaga terpercaya.

Iqbal menyampaikan selain berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan, ISBN sekaligus menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi. Terakhir ia berharap perpustakaan ITP dapat tampil menjadi perpustakaan perguruan tinggi yang unggul di Sumatera Barat, khususnya dalam bidang keilmuan keteknikan.

 

Created By Widia/Humas