Berita / Akademik /
Ciptakan Budaya Profesional, ITP Gelar Fit and Proper Test Bacalon Anggota Senat Akademik Periode 2024-2029
Humas | 03 Juli 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Tahapan Pemilihan Senat Akademik Institut Teknologi Padang Periode 2024-2029 masih terus berlangsung dan telah memasuki tahapan fit and proper test oleh tim penilai. Tahap uji kepatutan dan kelayakan berlangsung pada Rabu (03/07) bertempat di Ruang Rapat Pimpinan ITP.

Tahapan fit dan and proper test yang dilakukan oleh tim penilai untuk mengeksplorasi potensi, kapasitas, kapabilitas, maupun kemampuan dari para Anggota Senat  ITP. Adapun tim penilai fit and proper test terdiri dari unsur Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), yakni Ir. Wilton Wahab, M.Eng selaku Wakil Ketua YPTP dan Ir.Drs. Anrinal, S.E., M.T selaku Sekretaris YPTP.


Selanjutnya tim penilai juga terdiri dari unsur pimpinan Rektorat ITP yakni Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, S.T., M.T, IPM, Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D, Wakil Rektor II ITP, Dr.Eng. Ir. Yusreni Warmi, S.T, M.T, IPM, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Maidiawati, S.T, M. Eng, IPM, dan Dekan Fakultas Vokasi, Mulyati, M.T.

Dalam pelaksanaan fit and proper test, tim penilai melakukan kegiatan dialog dan rekonfirmasi yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan keberlanjutan ITP di masa mendatang. Para peserta diberi ruang untuk menyampaikan gagasan dan komitmen yang akan dilakukan untuk membangun ITP ke depan.

Pada pelaksanaan dialog dan rekonfirmasi, tim penilai menyampaikan arah strategis dan program ITP lima tahun kedepan, penyampaian tugas dan tanggung jawab senat akademik ITP kepada para calon, serta penyampaian harapan ITP dan rekonfirmasi kesediaan para calon.


Lebih lanjut, untuk kriteria Bacalon Anggota Senat ITP adalah memiliki kemampuan menjaga keberadaan, keutuhan, dan keberlanjutan ITP, mempunyai rekam jejak yang baik dalam kehidupan akademik, serta mempunyai komitmen untuk menjaga dan mengembangkan jati diri dan nilai-nilai ITP.

Sebagai badan normatif tertinggi di perguruan tinggi, senat akademik bertanggung jawab menjalankan fungsi pertimbangan dan pengawasan terhadap Rektor di bidang akademik. Peran senat akademik sangat vital dalam membawa ITP pada kemajuan untuk lima tahun kedepan, dengan tugas dan wewenang yang meliputi menetapkan kebijakan akademik, pengembangan ITP, serta penilaian prestasi sivitas akademika.

 

Created By Widia/Humas