Berita / Akademik /
ITP dan SMK N 5 Padang Perkuat Sinergi dan Kolaborasi Hadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0
Humas | 05 September 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T.  dihadapan ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 5 Padang memaparkan amanat dan motivasi. Hal ini disampaikan Rektor ITP saat didapuk menjadi pembina pada upacara bendera di SMK N 5 Padang, Senin (04/09) bertempat di Lapangan Sekolah SMK N 5 Padang Jalan Beringin, Kelurahan Lolong Belanti Kota Padang.


Rektor ITP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMK N 5 Padang, Rizka Fauzi Yosfi, S.Pd., S.T., M.Kom dan seluruh guru dan staf SMK N 5 Padang atas kesempatan yang diberikan sebagai pembina upacara di SMK N 5 Padang.

Menurutnya ini adalah bentuk penguatan sinergi dan kolaborasi antara ITP dengan SMK N 5 dalam rangka memajukan dan mendukung keberhasilan pendidikan vokasi. ITP dan SMK N 5 padang memiliki visi dan misi yang sama dalam upaya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap memasuki dunia kerja dan mewujudkan kemandirian ekonomi nasional.

Rektor ITP mengucapkan selamat atas keberhasilan SMK N 5 Padang yang telah lulus pada program hibah kompetisi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Batch 2 Tahun 2023, ini suatu prestasi untuk SMK N 5 telah berhasil melewati seleksi yang sangat kompetitif. Capaian prestasi ini merupakan bukti bahwa SMK N 5 Padang termasuk SMK Unggul di Sumatera Barat, program SMK PK dinilai berhasil meningkatkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.


“Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi saya, karena pada hari ini saya berdiri dihadapan ratusan pelajar SMK N 5 Padang yang merupakan generasi masa depan Indonesia. Generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia. Saat ini ananda semua berada pada era digital yang berkaitan dengan kemunculan babak revolusi baru, yakni revolusi industri 4.0 ,” ungkap Rektor.

Rektor menyampaikan Revolusi Industri 4.0 membuka berbagai peluang dalam dunia digital dan industri, untuk menghadapi era ini peningkatan skill kerja generasi muda sangat dibutuhkan. Idealnya generasi muda harus membangun kompetensi diri mereka, mencakup kemampuan kognitif, keterampilan personal dan keterampilan sosial yang dikenal dengan istilah kompetensi 4C pembelajaran Abad 21.

Kompetensi 4C pembelajaran Abad 21 meliputi creativity, critical thinking, collaboration, dan communication, empat kompetensi ini harus diasah dengan baik dalam pendidikan sehingga terwujud SDM Unggul yang merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Rektor memotivasi para pelajar SMK N 5 Padang untuk dapat mengisi diri mereka dengan nilai dan karakter positif yang akan menjadi ciri khas lulusan SMK N 5 Padang.


“Sebagai generasi muda fokuslah untuk mengembangkan potensi diri, terus belajar dan berlatih memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sangat mudah diakses saat ini. Beragam peluang dan kesempatan terbuka luas bagi individu yang mau meningkatkan kualitas diri, saat ini banyak media dan wadah yang dapat dimanfaatkan oleh para generasi muda untuk menyongsong masa depan, “ tutur ia.

Ia menjelaskan disamping peningkatan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga didorong untuk belajar dengan keras, cerdas, membangun network, dan meningkatkan soft skill dirinya. Penanaman nilai dan karakter merupakan unsur penting ketika para pelajar terjun ke dunia kerja, penanaman moral ini bisa diformulasikan dalam bentuk kurikulum pembelajaran yang terukur dan terstruktur.


Created By Widia/Humas