Berita / Akademik /
ITP Menghadiri Launching Entrepreneurship Award VII Tahun 2023, Dukung Program LLDIKTI Wilayah X Ciptakan Entrepreneur Muda Terbaik
Humas | 14 Juni 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Dalam rangka mendukung program LLDIKTI Wilayah X  mencetak para wirausahawan muda yang inovatif dan kreatif,  Institut Teknologi Padang (ITP) menghadiri acara Launching Entrepreneurship Award VII Tahun 2023.  Acara dilaksanakan di Trans Convention Centre pada Sabtu (10/06) dan dihadiri langsung oleh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T. didampingi oleh Staf Biro Humas, Kerja sama, dan Promosi ITP, Umar Hanafi Khalid, S.Kom.

Acara yang mendapuk STIKES Hang Tuah TanjungPinang sebagai tuan rumah dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Endang Abdullah, S.Kp.,M.Si, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, S.H., M.Pd., Kepala LLDIKTI Wilayah I hingga Wilayah XVI, dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dilingkungan LLDIKTI Wilayah X.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, S.H., M.Pd. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong tumbuhnya wirausahawan muda yang kompeten. Ia menambahkan para wirausahawan muda ini merupakan mereka yang memiliki ide-ide bisnis yang inovatif dan berbakat, serta  dikemas dalam business plan yang matang.

Menurut , Kepala LLDIKTI Wilayah X kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendorong pengembangan kewirausahawan dikalangan mahasiswa perguruan tinggi diseluruh Indonesia. Oleh karena itu, untuk mendorong penambahan jumlah wirausahawan terutama generasi muda maka sejak tahun 2017 LLDIKTI Wilayah X melaksanakan kegiatan Entrepreneurship Award (EA).

Kepala LLDIKTI Wilayah X memaparkan bahwa LLDIKTI Wilayah X memberikan penghargaan terhadap pencapaian implementasi kewirausahawan bagi mahasiswa yang telah melaksanakan usaha atau bisnis berjalan. Disamping itu, EA menjadi sarana dan wadah bagi kemajuan dunia usaha dan mencetak pengusaha-pengusaha muda berbakat.

Ia menuturkan hal ini selaras dengan tema Entrepreneurship Award VII  "pengembangan kreatifitas dan inovasi wirausaha mahasiswa melalui entrepreneurship award untuk meningkatkan ekonomi Indonesia". Disisi lain kegiatan ini merupakan bentuk implementasi program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurutnya  perguruan tinggi sebagai garda terdepan dalam menyiapkan kualitas SDM, tentunya harus mampu membekali lulusan dengan kompetesi baik hardskill maupun softskill dalam menghadapi tantangan DUDI. Perguruan tinggi didorong untuk dapat mendorong mahasiswa untuk melatih kemampuannya salah satunya dalam mengembangkan kompetensi dan jiwa kewirausahawan.

Dalam perkembangan Entrepreneurship Award telah diselenggarakan sebanyak 6 kali yang dimulai pada tahun 2017 dan diikuti oleh perwakilan PTS yang ada di LLDIKTI Wilayah X. Namun, pada Entrepreneurship Award VI Tahun 2022 atas dukungan dan antusiasme dari mahasiswa PTS Indonesia, untuk pertama kalinya Entrepreneurship Award diselenggarakan dalam skala nasional.

Atas dukungan semangat tersebut untuk kedua kalinya pada tahun 2023 penyelenggaraan Entrepreneurship Award akan dilaksanakan dalam skala nasional. Penyelenggaran Entrepreneurship Award VII ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan seleksi yaitu tahap seleksi administrasi, proses presentasi finalis dan EXPO, dan pembacaan para pemenang pada malam puncak award Entrepreneurship Award VII.

Created By Widia/Humas