Berita / Akademik /
ITP Sambut Baik Rencana Kerja Sama dengan POLDA SUMBAR
Humas | 31 Maret 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) melalui Karolog Polda Sumbar Kombespol Suranta Pinem, S.I.K., M.M menjajaki kerja sama dengan Institut Teknologi Padang (ITP) dalam rangka melakukan optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan ITP.

Salah satu bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan adalah pemanfaatan alat pengolahan limbah air bersih berbasis tenaga surya pada air limbah embung rusunawa asrama polisi lolong. Alat ini merupakan hasil karya dosen teknik mesin ITP Hafni, S.T, M.T.

Saat ditemui secara langsung Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T menjelaskan awal adanya jalinan kerja sama ini terjadi saat Karolog Polda Sumbar Kombespol Suranta Pinem, S.I.K., M.M mewakili Kapolda Sumbar saat peresmian rusunawa ITP yang kemudian terjalin hubungan yang baik antara ITP dengan Polda Sumbar.

“Hubungan yang telah terjalin dengan baik dari waktu ke waktu memberi peluang bagi ITP untuk dapat menjalin kerja sama dengan POLDA Sumbar terkait dengan produk-produk yang dihasilkan oleh ITP,” jelas Rektor.

Ia menyampaikan saat bersilaturahmi ia diajak oleh Karolog Polda Sumbar Kombespol Suranta Pinem, S.I.K., M.M untuk berkunjung ke rusunawa asrama polisi lolong. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan terkait masalah air kotor embung yang ada di depan rusunawa asrama polisi yang menyebabkan banyaknya populasi nyamuk.

“Dari relasi yang baik tersebutlah tercetus ide untuk melakukan kerja sama terkait pengolahan air bersih rusunawa asrama polisi. Ide tersebut disambut baik oleh Polda Sumbar melalui pak Suranta yang langsung meminta pihak ITP untuk memaparkan rencana pengolahan air bersih ini,” ujar Rektor.

Ia mengatakan untuk kedepannya Polda Sumbar untuk dapat melirik hasil riset yang ada di kampus sehingga dapat bernilai aplikatif dan dapat menguntungkan kedua belah pihak dalam bentuk pengabdian bagi masyarakat.

“Hal ini juga bertujuan untuk mendorong teman-teman tenaga pendidik di lingkup ITP agar termotivasi menerima tantangan untuk bersaing dalam skala yang lebih besar. Sehingga kita memiliki relasi yang luas dengan pihak swasta dan pemerintah melalui keunggulan riset yang telah kita punya,” ucap Rektor.

Terakhir ia menambahkan bahwa kita harus bisa mengubah pola fikir kita pada kegiatan yang sifatnya aplikasi. Dikatakannya, ITP sangat terbuka untuk kerja sama lain ke depannya baik dalam bidang  pendidikan, penelitian atau kerja sama yang lain. Terlebih untuk terwujudnya SDM yang unggul guna mendukung Indonesia maju maka hal tersebut harus diupayakan secara bersama-sama.

Credit by Widia/Humas