Berita / Akademik /
Syamsir Alam : Keberhasilan 50 Tahun ITP Merupakan Wujud dari Dedikasi Tanpa Henti dan Sikap Saling Menghargai Antar Seluruh Pihak
Humas | 01 Maret 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Sebagai ungkapan rasa hormat dan terima kasih kepada pihak-pihak yang menjadi bagian dari terbentuknya  Institut Teknologi Padang, pada peringatan Dies Natalis ke-50, Pimpinan Institut Teknologi Padang menyerahkan cendera mata kepada Mantan Rektor, Pimpinan dan Dosen ATP/STTP/ITP, Alumni KAT/ATP/STTP/ITP, Istri Almarhum dosen atau karyawan ITP, serta mantan karyawan ATP/STTP/ITP. Penghargaan ini diberikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd dan Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T., Selasa (28/02), bertempat di Aula Kampus 1 Gedung D, lt 2, Jalan Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang.

Sebanyak 28 orang mendapatkan cendera mata atas dedikasinya dan kerja kerasnya dalam proses tumbuh dan kembang ITP. Alumni Kursus Ahli Teknik (KAT) yang merupakan cikal bakal dari ITP, Ir. Syamsir Alam membagi cerita bagaimana kilas balik awal tergabung dengan ITP yang saat itu masih berupa kursus pada tahun 1972. Syamsir menceritakan informasi awal ia mengetahui adanya Kursus Ahli Teknik (KAT) adalah dari rekan karyawan tempatnya bekerja di Balai Kota Padang.

“Setelah menamatkan Sekolah Teknik Menengah pada tahun 69, saya ingin melanjutkan pendidikan  Insinyur karena itu merupakan cita-cita saya. Namun karena keterbatasan biaya dan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan diluar pulau Sumatera saya putuskan untuk bekerja di Balai Kota Padang karena saat itu untuk pendidikan insinyur hanya ada dipulau jawa,” tutur Syamsir.


Syamsir berkisah bahwa ia mendapatkan informasi dari rekan karyawan yang bekerja di Balai Kota bahwasanya  telah dibuka KAT di Kota Padang. Adanya KAT yang memiliki sasaran menciptakan tenaga kerja siap pakai menjadi salah satu poin yang memantapkan hati Syamsir untuk menimba ilmu di KAT Padang.

“Jauh 50 tahun silam ITP yang saat itu masih sebuah kursus sudah memulai program tenaga kerja siap pakai. Hal ini sama dengan program pendidikan vokasi yang saat ini dicanangkan pemerintah, ini membuktikan bahwa dari dahulu meskipun hanya berupa kursus namun ITP telah memiliki mental visioner,” paparnya.

Dengan sinergi yang baik antara siswa kursus saat itu dan motivasi yang kuat dari dosen yang membentuk pola fikir untuk terus berkembang, maka tercetuslah ide untuk menjadi sebuah Akademi. Semangat siswa, dosen, dan civitas akademika berhasil membentuk KAT menjadi Akademi Teknik Padang (ATP) pada tahun 1973 hingga berhasil mendapatkan banyak mahasiswa. Hal ini juga didukung oleh strategi promosi yang cerdas yaitu dengan mendatangi kantor-kantor untuk mendapatkan mahasiswa.

Syamsir juga menjelaskan bahwa peran dosen saat itu sangat besar bagi pemicu semangat mahasiswa untuk berkembang lebih baik untuk mewujudkan ATP. Saat masih KAT ia bersama-sama teman merancang logo ATP untuk jurusan mesin yang berawal dari cita-cita untuk kemajuan lembaga.

“Dalam logo ATP jurusan mesin terdapat 8 roda gigi mesin, sasarannya adalah 8 penjuru angin. Setelah 50 tahun berlalu cita-cita 8 penjuru angin yang kami rancang menjadi 8 jurusan yang telah  dimiliki ITP pada ulang tahun emasnya. Hal ini sangat berkesan bagi saya karena sesuatu yang saat itu kami fikir hanyalah impian semata berhasil diwujudkan dan ATP berhasil mendunia dengan nama yang baru yaitu ITP,” tambah syamsir yang juga menjabat sebagai Pembina alumni ITP.

Sebagai alumni ITP memiliki kesan mendalam bagi Syamsir, ia menilai kesuksesan ITP saat ini adalah buah dari integritas dan dedikasi tanpa henti yang selama ini dibangun ITP baik dari sisi Kekeluargaan, IMTAQ, dan IPTEK. Prinsip kekeluargaan ini sangat terasa bagi Syamsir, ia menilai ITP tetap menghargai orang-orang yang berjasa bagi perkembangan ITP.

“Satu hal yang membuat saya sangat salut dengan ITP sekaligus membuat saya terharu, Saya bersama teman-teman yang berasal dari 50 tahun yang lalu masih diingat dan dihargai. 50 tahun merupakan waktu yang lama, saya yakin tidak banyak lembaga yang bisa menghargai orang-orang yang tergabung didalamnya. Menurut saya hilang ditelan masa itu tidak ada bagi ITP,”  ujar syamsir.

Dalam hal IMTAQ ITP juga memiliki sisi spiritual yang tinggi, ini dapat dilihat dari logo ITP yang memiliki bulan bintang dan lirik puji syukur pada Hymne ITP. Hal lainnya dapat dilihat dari bentuk syukur ITP dengan memberikan fokus pada pembangunan mushalla sebagai bagian dari pembangunan. Ini merupakan bukti bahwa ITP berorientasi untuk menghasilkan intelektual yang berdasarkan Ketuhanan. Ia juga menambahkan keberhasilan ITP merupakan wujud dari sinergi yang baik dari sosok yang menguasai pendidikan dan sosok yang menguasai teknik.

Pada akhir wawancara ia menyampaikan harapannya terhadap kemajuan ITP yaitu agar ITP dapat mencapai visi nya menjadi World Class University 2040. “ Semoga kedepannya ITP dapat menambah Program Sarjana dan meningkatkan program menjadi program yang lebih tinggi dengan adanya lulusan luar negeri dan sinergitas dari seluruh pihak. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan bagi kami yang ingin anak dan cucu untuk melanjutkan pendidikan di ITP serta untuk mencintai kampus ITP,” tutupnya.


Created by Widia/Humas