Berita / Akademik /
Teknik Geodesi di Re-Akreditasi oleh LAM Teknik
Humas | 18 Oktober 2022
Program Studi Teknik Geodesi Jenjang Sarjana, dalam waktu dekat akan melaksanakan Re-akreditasi Program Studi.
Untuk Saat ini, Sesuai dengan Berdasarkan Undang – Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 55 ayat 6, Akreditasi program studi dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Khusus untuk program studi keteknikan, dilaksanakan oleh LAM Teknik. Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM Teknik merupakan Lembaga akreditasi mandiri yang bertugas untuk melakukan proses akreditasi untuk program studi keteknikan di Indonesia. Perubhan Fungsi ini dilaksanakan salah satunya agar Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) akan lebih berfokus pada pengembangan sistem akreditasi nasional dan melakukan akreditasi pada level institusi pendidikan tinggi.

Dengan akreditasi yang telah dilaksanakan oleh LAM Teknik, Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T., mengungkapkan bahwa dalam pengisian Borang akreditasi, ada perbedaan format dari yang sebelumnya, karena didominasi oleh Fakultas, yang disebut UPPS (Unit Pengelola Program Studi). Dan juga Peran dari Unit Penjamin Mutu sangat Vital dalam kegiatan Akreditasi saat ini. 

Dalam persiapan yang dilaksanakan oleh program studi, menyampaikan bahwa Tim program studi telah mempersiapkan diri sejak 6 Bulan yang Lalu, hingga nanti pelaksanaan site visit. 

“Kita Harapkan nanti, UPPS dapat memperoleh hasil yang terbaik, dan insyaallah site visit akan dilaksanakan 19 hingga 22 Oktober 2022” jelas Rektor.

“Hijrahnya Akreditasi dari BAN-PT ke LAM Teknik, buakn sesuatu yang harus dikagetkan. Karena sudah dimuat diundang-undang. Namun, mohon ada pertimbangan juga dari pemerintah terkait biaya pelaksanaan dari Akreditasi saat ini” ujar Rektor ITP yang juga menjabat sebagai Ketua Aptisi wilayah X-A Sumbar .

Dekan Fakultas Teknik, Maidiawati, Dr. Eng, ketika dihubungi terpisah, menjelaskan, untuk saat ini yang ditunjuk sebagai unit pengelola program studi, yakni Fakultas Teknik. LED disusun yang dibuat sesuai dengan panduan dari LAM TEKNIK. Harapannya, hasil akreditasi nantinya, untuk program studi teknik geodesi, tentu mendapatkan nilai terbaik,sesuai dengan kondisi program studi.
 
Ketua program studi teknik geodesi, Dwi Arini, M.T., mengungkapkan bahwa persiapan dimulai dengan pembentukan tim Borang Akreditasi yang berisi tim LED dan tim LKPS. Persiapan dilakukan mulai dari dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan pencapaian program studi. Beliau  juga mengucapkan terima kasih kepada tim yang sudah bekerja maksimal dalam pengajuan akreditasi, dan mengharapkan doa dari seluruh sivitas akademika agar Teknik Geodesi memperoleh hasil yang maksimal.