Berita / Akademik /
Wisuda ke-75, Rektor Beberkan ITP Menang Hibah Hingga Rp 3 Miliar
Humas | 27 November 2021
Foto : Doc Humas ITP / DCC Tim

Institut Teknologi Padang – “Orang tua adalah sosok yang mencintai anaknya dari jauh maupun dekat, kepeduliannya pasti akan membuahkan hasil, dan hasilnya bisa seperti sekarang dimana anaknya mendapatkan nilai terbaik dikampusnya” demikian ucapan Rektor Institut Teknologi Padang (ITP) Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T saat memberi apresiasi kepada orang tua wisudawan pada acara Wisuda ITP ke-75 di Ballroom The ZHM The Premier Hotel. Sabtu (27/11/2021).

Pada prosesi Wisuda ke 75, Tahun Akademik 2021/2022 ini, ITP mewisuda 266 lulusan yang berasal dari Program Ahli Madya (D3) dan Program Sarjana (S1). Pada jenjang Program Studi Ahli Madya (D3), jumlah wisudawan sebanyak 44 Orang, Program Sarjana (S1), sebanyak 222 orang.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini perlu saya sampaikan bahwa diantara 266 orang wisudawan tersebut yang memperoleh predikat “Dengan Pujian” terbaik adalah Doni Agusman, dari Program Diploma Tiga Teknik sipil, Fakultas Vokasi, dengan IPK 3,91,” ungkap Hendri saat menyampaikan pidato.

Sementara itu, lulusan termuda pada Fakultas Teknik adalah Salsabila Febrinda dari Program Sarjana Teknik Informatika, dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,82. Kemudian, lulusan termuda pada Fakultas Vokasi adalah Randu Apriza Dirni dari Program Vokasi  Teknologi Listriks, dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,61.

“Kami atas nama pimpinan serta seluruh sivitas akademika Institut Teknologi Padang mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi,” kata Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyampaikan prestasi ITP yang berhasil mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellence Merdeka Belajar kampus Merdeka (CoE MBKM), dan menjadi salah satu perguruan tinggi pendamping SMK Pusat Keunggulan (SMK – PK).

Diketahui ITP pada tahun ini menerima hibah PKKM sebesar Rp.2,3 Miliar, Rp.160 juta dari hibah CoE, Rp.50 juta dari hibah SMK-PK dan bantuan alat senilai Rp.500 juta pada hibah P3TP. Yang jika ditotal mencapai lebih dari Rp.3 Miliar.

“Alhamdulillah ITP satu satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat yang mendapatkan  Hibah PKKM, dan ini telah sama-sam kita rasakan manfaatnya antara lain program magang mahasiswa di perusahaan yang ada di Indonesia, wokshop metoda pembelajaran khusunya model pembelajaran PjBL dan Case Study yang secara nyata mengajak Dosen dan Mahasiswa untuk lebih interaktif dengan pelaksanaannya pembelajaran berpusat pada mahasiswa,” ungkap Rektor.


Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd

“Melihat perkembangan prestasi akademik lulusan setiap periode wisuda terdapat, peningkatan yang signifikan, baik segi IPK dengan predikat “Sangat Memuaskan” dan “Dengan Pujian” semakin meningkat, demikian pula  masa studi mahasiswa yang bisa menamatkan “Tepat Waktu” semakin meningkat,” kata Zulfa saat memberikan sambutan.

Menurutnya, hal ini terjadi karena didukung oleh selalu ditingkatkannya kualitas proses pembelajaran, proses pelayanan akademik serta kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran; dan yang tidak kalah pentingnya adalah semakin baiknya kualitas dosen.

Disamping itu, pemberian beasiswa yang semakin meningkat dari berbagai sumber juga sangat mempengaruhi meningkatnya kualitas dan kuantitas prestasi akademik mahasiswa serta percepatan masa studi.

“Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah penerima beasiswa sebanyak 544 orang dari 2142 orang mahasiswa (25,59 %) yang berasal dari Bidik Misi/KIP 278 mhs, Beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi  Padang 120 mhs, BAZNAS melalui Bazda Kota Padang 55 mhs, Beasiswa PPA 41 mhs,dan beasiswa dari Bank Nagari 50 mhs   dengan total dana sebesar Rp. 2.004.350.000,- (dua  milyar empat juta ribu tiga ratus lima puluh ribu rupiah),” jelasnya.

Beliau menargetkan untuk tahun akademik yang akan datang, jumlah mahasiswa penerima beasiswa meningkat menjadi 30 % dari jumlah mahasiswa terdaftar.

“Diharapkan sumber  beasiswa ini berasal dari Alumni ITP, Perusahaan yang berada dibawah naungan YPTP, Perusahaan/Industri/Pemda yang telah menjalin kerjasama dengan ITP ataupun sumber lainnya,” imbuhnya.

(peb/humas)