Berita / Berita /
Rusunawa Mahasiswa Kampus II ITP Akan Diresmikan Hari Ini
Humas | 17 Juni 2021
Foto : Doc.Humas / Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang, Hari ini akan menjadi hari bersejarah bagi Institut Teknologi Padang (ITP). Pasalnya, rusunawa mahasiswa Kampus II ITP akan diresmikan hari ini, Kamis (17/6/2021) oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Dr. H. Khalawi Abdul Hamid, MSC, MM dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah.

Terletak di kawasan kampus II ITP, rusunawa tersebut nantinya peruntukan bagi mahasiswa vokasi ITP. Bangunan 3 lantai tersebut terdiri dari 43 kamar, tiap kamarnya akan diisi oleh 4 orang mahasiswa, sehingga dapat menampung 172 mahasiswa.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd mengungkapkan, ITP adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat yang menerima bantuan rusunawa dari Kementerian PUPR.

“Dua Perguruan Tinggi Negeri yang turut menerima bantuan serupa adalah Unand dan UNP. Alhamdulillah yang pertama kali siap rusunawa ITP,” ungkap Zulfa.

Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T mengapresiasi perhatian pemerintah kepada perguruan tinggi melalui kementerian PUPR dengan dibangunnya rusunawa untuk mahasiswa ITP dengan nilai bantuan sebesar Rp20 Miliar.

“Kita mengapresiasi Kementerian PUPR melalui Dirjen Perumahan, bahwa tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Dengan adanya bantuan ini juga, pembangunan kampus II ITP kita percepat,” kata Hendri.

Direncanakan, pembangunan kampus II ITP rampung pada Agustus 2021. Gedung yang dibangun tepat di depan bangunan rusunawa mahasiswa ITP tersebut akan mulai beroperasi pada September 2021 sebagai gedung fakultas vokasi ITP.

“Insya Allah gedung kampus vokasi kampus II ITP selesai Agustus tahun ini, jadi september sudah bisa digunakan,” jelas Rektor.

Sementara itu, kampus I ITP yang berada di Jalan Gajah Mada Kandis, Nanggalo, Padang saat ini menjadi gedung fakultas teknik untuk program S1 dan S2.

“Kampus I ITP nantinya hanya untuk program S1 dan S2, karena kita juga tengah mempersiapkan untuk pasca sarjana,” imbuhnya.

(peb/humas)