Berita / Kegiatan Kampus /
ITP Tingkatkan Kompetensi Lulusan Melalui Pembekalan dan Uji SKT
Humas | 07 Juli 2021
Foto : Doc. Humas/ Umar Hanafi Khalid

Institut Teknlogi Padang, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIKMA) Institut Teknologi Padang (ITP) bersama Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh menggelar pembekalan dan fasilitasi uji Sertifikasi Kompetensi Terampil (SKT)  tenaga kerja konstruksi Sumber Daya Manusia (SDM) vokasional, 6-7 Juli 2021 di Kampus I ITP dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Ir. M. Hilal, MT mengatakan, pembekalan dan uji SKT ini sangat penting bagi lulusan teknik dalam menjalankan tanggung jawab di dunia kerja nantinya.

“Kita apresiasi kolaborasi antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dengan ITP dalam penyelenggaraan ini, karena SKT ini penting di dunia kerja. Tenaga kerja konstruksi itu harus berkompeten,” kata Hilal saat memberikan sambutan secara daring.



Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D diikuti oleh alumni dan mahasiswa tingkat akhir ITP yang terdiri dari Prodi Teknik Elektro Sarjana, Teknik Sipil Sarjana, Teknik Mesin Sarjana, Teknik Geodesi Sarjana, Teknik Sipil Diploma 3, Teknik Mesin Diploma 3, Teknologi Listrik Diploma 3.

Firmansyah berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal. Beliau berpesan kepada para peserta untuk meningkatkan kompetensi mengingat persaingan dunia kerja semakin tinggi. Untuk bidang teknik, pembekalan dan uji SKT ini menjadi salah satu penunjang kompetensi tenaga kerja konstruksi.

“Sertifikasi Kompetensi Terampil ini tentunya diharapkan, para peserta tidak hanya meningkatkan kompetensi melainkan ada kata terampil di sana. Sehingga saudara memang juga harus mengasah keterampilan saudara di bidang teknik,” imbuhnya.



Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi dan asesmen kompetensi Asesor dari LPJK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

(peb/humas)