Berita / Berita / ITP Mitra Nagari
ITP Mitra Nagari, Pemkab. Kepulauan Mentawai Jajaki Kerjasama Dengan ITP Terkait Penerapan Teknologi
adminhumas1 | 06 Maret 2020

Institut Teknologi Padang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai menyambangi Institut Teknologi Padang (ITP) guna melakukan audiensi dengan Rektor dan jajaran pimpinan ITP lainnya terkait rencana kerjasama penerapan teknologi tepat guna di desa dan dusun yang ada di Mentawai.

Rombongan Pemkab. Kepulauan Mentawai yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar, Sekrtetaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Mentawai Puji Rahayu, serta Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Doni Kasnaidi ini guna menyampaikan potensi yang ada di desa dan dusun di Kepulauan Mentawai yang dapat diberdayakan secara maksimal melalui kerjasama teknologi tepat guna dengan ITP.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna ITP terkait alat pengolahan air bersih mengingat keadaan di Mentawai yang masih kesulitan dengan air bersih.

“Kami sangat tertarik dengan alat pengolahan air bersih karya ITP yang mungkin bisa kita gunakan di dusun-dusun di Mentawai, karena disana kita masih kesulitan air bersih,” ungkap Lahmuddin saat audiensi di Ruang Sidang Utama ITP Gedung D Lantai II, Jumat (6/3/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Sekrtetaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Mentawai Puji Rahayu yang memaparkan kondisi kehidupan masyarakat Mentawai. Ia juga menambahkan, bahwa Mentawai memiliki potensi besar dari sektor perikanan.

“Kita sebenarnya potensi terbesar itu ikan, hanya saja masyarakat Mentawai lebih banyak yang berladang dan kurang terampil dalam pengolahan ikan. Mungkin jika ada teknologi tepat guna yang bisa membuka mindset masyarakat akan lebih baik,” ujar Puji.

Menanggapi hal tersebut, Rektor ITP Ir. Hendri Nofrianto, MT menyambut baik niat kerjasama Pemkab. Kepulauan Mentawai dengan ITP yang juga memiliki program ITP Mitra Nagari sebagai bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam program kita ITP Mitra Nagari, tujuannya memang melakukan kerjasama dengan nagari-nagari atau desa dalam penerapan teknologi tepat guna ITP sehingga bisa dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat,” kata Rektor.

“Kita akan coba diskusikan dengan dekan dan dosen terkait alat apa yang bisa kita terapkan disana untuk memudahkan masyarakat di Mentawai,” imbuhnya.

Agenda ini juga dilanjutkan dengan presentasi alat teknologi tepat guna yang telah diciptakan oleh ITP. Seperti alat pengering tenaga tata surya, alat pengolahan air bersih, alat pengasapan ikan, dll.

Dari hasil pertemuan ini, diagendakan ITP akan melakukan presentasi terkait teknologi tepat guna sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman saat Rakor Pemkab. Kepulauan Mentawai pada 16 Maret 2020 mendatang.

(peb/humas)