Teknik Mesin S1
Diposting tanggal: 28 Januari 2014

Sejarah Singkat

Jurusan Teknik Elektro ITP berawal dengan berdirinya Program Studi Teknik Elektro D3 tahun 1980 dalam naungan Akademi Teknik Padang (ATP). Pada tahun – tahun berikutnya akademi ini terus berkembang dan mengalami banyak perubahan. Perubahan ini mencangkup nama, tempat dan status program studinya, sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pembangunan di tanah air. Perubahan bentuk dan nama Akademi Teknik Padang (ATP) menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) dilakukan pada tahun 1987 berdasarkan izin Operasional dari Kopertis Wilayah I di Medan, dengan menambah tiga program studi baru, yang termasuk di sini Program Studi Teknik Elektro (S1), sehingga Jurusan Teknik Elektro mempunyai 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Teknik Elektro S1 dan Teknik Elektro D3. Kemudian baru pada tahun 1989 STTP dikukuhkan dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 0638/O/1989. Pada tanggal 1 Juli 2002 STTP dikembangkan menjadi Institut Teknologi Padang, berdasarkan Surat Keputusan MENDIKNAS RI Nomor 113/D/O/2002 dengan penambahan tiga program studi baru lagi.

Prodi Teknik Listrik D3 yang berada di bawah Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang. Program studi ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 0638/O/1989. Program studi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumberdaya manusia yang berdaya saing tinggi dalam bidang Teknik Listrik. Visi misi program studi ini tidak terlepas dari visi misi Fakultas Teknologi Industri dan visi misi Institut Teknologi Padang yang tertuang dalam rencana strategis Institut Teknologi Padang 2008 - 2013. Visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar kerja (stakeholder), dosen, mahasiswa, karyawan, alumni dan masyarakat.

Visi, Misi dan Tujuan

Menjadi salah satu program studi yang unggul di Indonesia dalam mendidik ahli madya yang terampil di bidang teknik kelistrikan yang kompetitif, dinamis dan inovatif”pada tahun 2024. Visi ini diukur dalam 3 milestone sebagai berikut.
Milestone I : Peningkatan kualitas dan relevansi ( 2008 – 2013 )
Milestone II : Peningkatan daya saing ( 2014 – 2019 )
Milestone III : Unggul (2020 – 2024 )

Akreditasi Program Studi

 

Daftar Fasilitas

 

Daftar Dosen

 

Daftar Tenaga Pendukung

 

Kurikulum Program Studi

 

Profil Dosen

 

Profil Tenaga Pendukung

 

Dokumentasi Kegiatan