Galau Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tipsnya!

Ilustrasi perkuliahan (Foto: Doc. Humas ITP/ Umar Hanafi Khalid)

Institut Teknologi Padang, Setelah tamat dari SMA/SMK, calon mahasiswa biasanya kesulitan dalam menentukan pilihan jurusan atau program studi untuk kuliah. Padahal jurusan atau program studi adalah aspek yang penting untuk menentukan arah karir dan masa depan kamu. Lantas, bagaimana cara memilih jurusan atau program studi yang tepat?

Untuk mempermudah kamu dalam menentukan jurusan atau program studi, Institut Teknologi Padang (ITP) akan memberikan beberapa tips dalam memilih jurusan atau prosgram studi, check this out!

Kenali Passion

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah identifikasi diri kamu sendiri. Tanyakan pada diri kamu pertanyaan seperti berikut:

-  Apa potensi diri kamu?

-  Passion kamu dalam bidang apa?

-  Apa hal suka kamu kerjakan hingga lupa waktu?

-  Kamu ingin bekerja di perusahaan atau bidang apa?

Lakukan Riset

Setelah kamu mengenali passion kamu, maka sebaiknya kamu melakukan riset terkait jurusan atau program studi yang sesuai dengan passion kamu. Kamu harus cari tahu mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari, berapa lama masa studi yang akan kamu jalani, berapa biaya dan akreditasinya, serta jalur masuk dan seleksinya.
Kamu dapat membuat daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan dirimu. Kemudian kumpulkan hasil riset dan bandingkan data tersebut untuk mendapatkan jurusan yang paling tepat.

Cari Tahu Peluang dan Prospek Karier

Salah satu tujuan kamu kuliah pastilah salah satunya untuk bekerja atau berkarir sesuai bidang kamu, namun tidak sedikit juga anak muda setelah lulus kuliah kesulitan mencari pekerjaan. Karenanya, kamu harus lihat peluang bisnis, peluang kerja dan prospek karir kamu di bidang yang akan kamu ambil sehingga setelah kamu lulus kuliah, kamu sudah tahu arah karir kamu.

Konsultasikan dengan Keluarga atau Orang Terdekat

Setelah membuat daftar jurusan atau program studi dan kampus tempat kamu kuliah, hal muncul biasanya adalah bingung menentukan salah satunya. Untuk itu kamu juga butuh pertimbangan keluarga atau orang terdekat yang mengenal kamu secara baik. Cobalah berdiskusi dan berkonsultasi, dengarkan pendapat dan saran mereka, kemudian sesuaikan dengan keinginan kamu.

Kamu pun dapat mengunjungi pihak yang berpengalaman, seperti konsultan pendidikan untuk memastikan pilihan yang tepat.

Cara-cara di atas bisa kamu praktikkan untuk membantu kamu memilih jurusan atau program studi. Semoga kamu dapat menentukan dengan tepat ya..

Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknik, yuk bergabung dengan Institut Teknologi Padang. Kamu bisa langsung mendaftar melalui website spmb.itp.ac.id
good luck!

 

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B