Visitasi Program Kompetisi Kampus Merdeka, ITP Hadirkan Mitra dari Dalam dan Luar Negeri

Institut Teknologi Padang, Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PK-KM) yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) untuk mendukung kebijakan kampus merdeka yan diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI memasuki tahap verifikasi dan visitasi.

Institut Teknologi Padang (ITP) turut menjalani tahap verifikasi dan visitasi secara daring, Selasa (27/4/2021). ITP berkompetisi di Liga 3 berdasarkan jumlah mahasiswa dari data PD-Dikti.

Direktur PK-KM ITP, Sitti Amalia, M.T mengungkapkan program PK-KM yang diajukan oleh ITP adalah peningkatan kualitas lulusan dengan inovasi pembelajaran, peningkatan kualitas SDM berdaya saing internasional, dan pengembangan model pembelajaran berbasis industri (Case Method, project based learning dan kurikulum OBE)

Dua Program Studi (Prodi) yang akan menjalani program PK-KM tersebut adalah Prodi Teknik Elektro dan Teknik Sipil.

“Jadi dari ITP yang ikut PK-KM ini ada dua prodi yaitu Teknik Elektro dan Teknik Sipil, yang mana prodi ini juga lolos pada program MBKM sebelumnya,” ujar Sitti.

Lebih lanjut Sitti menjelaskan, alasan dua prodi tersebut mengikuti PKKM adalah berdasarkan jumlah mahasiswa, akreditasi menuju unggul dan potensi serta rekam jejak kerja sama kedua prodi tersebut.

Adapun reviewer yang dimandatkan oleh Dikti untuk verifikasi dan visitasi PK-KM ITP adalah Dr. Dra. Endang Arisoesilaningsing, M.S., Sari Diane Ekawati Paturusi, Dr. Eng dan Tri Widayatno, Ph.D.

Sebagai Reviewer, Tri mengapresiasi ITP dalam membangun kerja sama dengan mitra Perguruan Tinggi dan DUDI. Hal itu dibuktikan dengan menghadirkan mitra perguruan tinggi dan DUDI dari dalam maupun luar negeri.

“Kerja sama ITP sangat luar biasa karena berhasil menghadirkan mitra Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, begitu dengan dukungan DUDI dalam kerja sama ITP,” kata Tri.

Diketahui, ITP merupakan salah satu dari 200 perguruan tinggi se-Indonesia yang di visitasi oleh Dikti.

Sitti menuturkan, pelaksanaan visitasi secara virtual tersebut dibagi menjadi 5 sesi yakni, sesi pimpinan dan yayasan, sesi tim task force, sesi mitra perguruan tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), sesi dosen, sesi mahasiswa.

“Pada sesi pertama, pimpinan yakni Rektor, Wakil Rektor, Dekan, serta Yayasan menyampaikan komitmen dan transformasi ITP, kemudian dilanjutkan dengan tim taskforce, dan kita juga menghadirkan mitra kita baik dari perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri maupun DUDI, serta mahasiswa juga turut bergabung dalam visitasi hari ini,” jelas Sitti.

Sitti menambahkan, direncanakan pelaksanaan kegiatan PK-KM akan dimulai Mei 2021 dan berlangsung selama tiga tahun.

Terakhir, ia berharap Program PK-KM ITP dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan dari kegiatanpun dapat tercapai

“Harapannya proposal yang kita ajukan disetujui, ya walaupun pasti ada revisi, dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

 (peb/humas)

 

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B