Hebat! Dirjen Vokasi Tetapkan ITP Jadi Pendamping SMK Pusat Keunggulan

Foto Ilustrasi Pelatihan yang dilakukan ITP kepada siswa SMK yang dilakukan sebelum pandemi covid-19 (Doc. Humas/Umar Hanafi Khalid)

Institut Teknologi Padang (ITP) tak henti-hentinya membuktikan kualitas melalui prestasi yang terus diraih kampus ini. Bagaimana tidak, baru saja lolos program hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kemudian disusul lolosnya ITP dalam program Center of Excellent (CoE) MBKM, dan kini ITP terpilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dipercaya mendampingi program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan.

Melalui Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) nomor 21/D/O/2021 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021, ITP ditetapkan menjadi salah satu dari 146 perguruan tinggi se-Indonesia yang dipercaya mendampingi SMK Pusat Keunggulan.

Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT mengatakan kabar baik tersebut merupakan hasil dari upaya fakultas vokasi sehingga mendapat amanah luar biasa dari Dirjen Vokasi untuk mendampingi SMK Pusat Keunggulan.

“Saya sangat mengapresiasi hal ini, satu lagi prestasi untuk ITP. Sebenarnya program ini sangat sinkron dengan kerja sama yang kita lakukan dengan sekolah-sekolah pada 8 April 2021 kemarin, yang terpenting implementasinya bisa berjalan lancar,” ujar Rektor, Kamis (22/4/2021).

Dekan Fakultas Vokasi, Mulyati, MT mengungkapkan fakultasnya telah menyiapkan 3 tim untuk pelaksanaan program pendampingan SMK Pusat Keunggulan ini. Masing-masing tim diisi 3 orang yang terdiri dari, dosen, instruktur laboran, dan mahasiswa.

“Jadi kita sudah ajukan timnya, ada 3 tim karena di fakultas vokasi ada 3 prodi, jadi masing2 prodi ada 1 tim. Di dalam tim itu ada dosen, instruktur laboran, dan mahasiswa. Jadi lengkap satu paket,” ungkap Dekan Vokasi.

Adapun tim yang akan terlibat dalam program ini, yakni tim Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Mesin, dan Prodi Teknologi Listrik.

Mulyati menjelaskan, program pendampingan SMK Pusat Keunggulan ini nantinya meliputi pendampingan kurikulum, pendampingan perencanaan peralatan, pelatihan untuk guru dan hal lain yang menyangkut pendampingan pembelajaran.

Terkait sekolah-sekolah mana saja yang akan didampingi oleh tim ITP, beliau mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut, karena proses pembekalan baru akan dilaksanakan pada Mei 2021.

“Kalau informasi sekolah mana yang akan kita dampingi belum ada, tapi tidak menutup kemungkinan sekolahnya di luar Sumatera Barat, mengingat ini program nasional,” katanya.

Menurut Mulyati, terpilihnya ITP menjadi pendamping SMK Pusat Keunggulan diperkuat dengan telah dilakukannya pelatihan dengan sejumlah SMK binaan ITP dalam pengabdian dosen kepada masyarakat pada beberapa waktu lalu serta didukung adanya kerja sama ITP dengan DUDIKA.

Diketahui, dari 146 Perguruan Tinggi yang terpilih tersebut, 6 Perguruan Tinggi dari Sumatera Barat, 2 diantaranya perguruan swasta, yang mana ITP adalah salah satunya.

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B