Cegah Penyebaran Covid-19, ITP Vaksinasi Dosen dan Tendik

Foto: Dokumentasi Humas ITP (Umar Hanafi Khalid)

Institut Teknologi Padang, Pandemi virus Covid-19 masih menyerang Indonesia, tidak terkecuali Sumatera Barat (Sumbar). Guna mencegah penyebaran virus tersebut, Institut Teknologi Padang (ITP) melakukan vaksinasi kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) di Gedung A Kampus ITP, Selasa (20/4/2021).

Ketua Satgas Covid-19 ITP, Anna Syahrani, M.Eng mengatakan, vaksinasi ini dilakukan mengingat kegiatan kampus secara hybrid (luring dan daring), disamping itu sivitas akademika ITP juga termasuk kategori pelayan publik.

“Sejak 8 Maret 2021, kita kan memang sudah melakukan perkuliahan tatap muka untuk mahasiswa angkatan 2020 dan fakultas vokasi, makanya kita harus melakukan vaksinasi agar dosen dan karyawan tenang,” kata Anna.

Anna menyebutkan, vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac yang telah teruji aman oleh Pemerintah.

Koordinator tim ITP Siap Vaksin, Hamdi Habdillah, M.Kom menuturkan, dari 142 orang sivitas akademika ITP, sebanyak 79 pegawai ITP yang terdiri dari Yayasan, Pimpinan, Dosen dan Karyawan telah divaksin hari ini. Sementara 8 orang lainnya sudah lebih dulu melakukan vaksin, dan ada 10 orang yang sudah mendaftar vaksin hari ini namun tidak lolos tes kesehatan, sisanya terkendala sedang di luar kota dan hal lain.

“Alhamdulillah, dari 142 orang sivitas akademika ITP, 70 persen sudah divaksin hari ini,” ujar Hamdi.

Hamdi menjelaskan, vaksinasi dilakukan di 2 ruangan oleh 2 Puskesmas Kecamatan Nanggalo, yakni Puskesmas Lapai dan Puskesmas Nanggalo.

Secara teknis, peserta vaksin terlebih dahulu melakukan registrasi dan pengecekan kesehatan oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan aman untuk divaksin, kemudian peserta dilakukan vaksinasi dan diobservasi selama 30 menit kemudian baru diberikan kartu vaksin.

Selanjutnya, imbuh Hamdi, vaksin kedua akan dilaksanakan 18 Mei 2021 di kampus ITP, Jalan Gajah Mada Kandi, Nanggalo, Padang.

Terakhir, Hamdi berharap bagi dosen dan karyawan yang belum divaksin agar segera melakukan vaksin, mengingat demi keselamatan dan kenyamanan kita bersama

“Ya semoga yang belum vaksin bisa segera ikut vaksin, karena ini bukan soal hak asasi kita pribadi saja, tapi menyakut hak asasi orang lain juga ada sama kita, jadi kita sama-sama menjaga,” pungkasnya.

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B