Dies Natalis Ke-48, ITP Gelar Rapat Senat Terbuka Secara "Hybrid"

Institut Teknologi Padang, Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-48, Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar Rapat Senat Terbuka di Aula lantai II Gedung D ITP, Senin (22/2/2021).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara ini digelar hybrid yakni secara luring dan daring. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Sejumlah dosen dan tamu undangan diarahkan mengikuti acara ini melalui zoom dan disiarkan secara langsung di youtube channel ITP Padang.

Dalam sambutannya, Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T menyampaikan ITP tahun ini menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal itu dibuktikan dengan telah dilakukannya kerja sama antara ITP dengan sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam penerapan MBKM, seperti UGM, Itenas, dan UM.

“Salah satu bentuk kerja sama MBKM tersebut yang telah dilaksanakan yakni, student exchange. ITP telah mengirim mahasiswa kuliah di UGM 1 semester yaitu Teknik Sipil 2 orang, Teknik Elektro 2 orang dan Teknik Informatika 3 orang,” kata Rektor.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd mengatakan, ITP telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan dari tahun ke tahun.

Zulfa menjelaskan bahwa sesuai dengan road map ITP 2020-2040, ITP mencanangkan visi yaitu Menuju World Class University 2040. Untuk mewujudkan visi tersebut, road map tersebut telah disusun menjadi 4 milestone.

Milestone pertama yaitu efficiency-driffen university (2020-2024) diharapkan seluruh manajemen telah terintegrasi dan efektif dalam pengambilan keputusan melalui sistem terkomputerisasi. Milestone kedua yaitu research-based university (2025-2029) di mana pada masa ini ITP diharapkan menjadi perguruan tinggi yang berbasis riset.

Kemudian, milestone ketiga (2030-2034) yaitu entrepreneurial university di mana pada saat itu ITP sudah harus mampu mengomersialkan hasil-hasil penelitian. Sementara itu, pada milestone keempat (2035-2040) yaitu world class university di mana ITP telah dalam kondisi international outlook.

"Untuk mendukung perubahan, saat ini, sedang dibangun kampus 2 ITP Air Pacah khusus untuk Fakultas Vokasi di atas tanah seluas 1,5 hektar dan bersamaan dengan itu juga dibangun rusunawa tiga lantai yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR," ujarnya.

Terpisah, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Herri, M.B.A berharap ITP dapat terus maju dan melahirkan lulusan yang berkompeten di dunia kerja

“Selamat Dies Natalis ke-48 untuk ITP. Kami yakin dan percaya, dengan modal sumber daya dan infrastruktur yang dimiliki serta jaringan yang luas, ITP bisa berkembang lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Dalam rapat senat terbuka tersebut juga diisi penyampaian orasi ilmiah oleh Dosen Teknik Sipil ITP Syafri Wardi, Ph.D dengan tema “Perkuatan Seismic pada Hubungan Balok-Kolom Beton Bertulang yang Tidak Memenuhi Standar Ketahanan Gempa.”

Selain itu, ITP juga menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya dan Lencana Kesetiaan ITP tahun 2021 kepada dosen dan karyawan serta juga penghargaan ITP Achievement 2021.

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B