Sssstt, Ini 6 Program Studi Teknik Paling Dicari di Dunia Kerja!

Sebelum masuk kuliah, pastinya kamu bingung memilih jurusan yang memiliki prospek bagus di dunia kerja. Terlebih lagi setelah adanya pandemi Covid-19, banyak sektor yang lumpuh dan mengalami penurunan sehingga peluang untuk berkarir pada bidang yang terdampak pandemi pun menjadi kecil.

Namun, dengan kondisi tersebut bukan berarti kamu harus menunda mimpi kamu untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Masih banyak sektor yang masih bertahan bahkan semakin eksis, salah satunya bidang teknik.

Bidang Teknik diketahui memiliki peluang kerja yang tinggi baik di dunia industri maupun pemerintahan. Salah satu kampus teknik yang serapan lulusannya tinggi yaitu Institut Teknologi Padang (ITP).

Sebagai kampus teknik tertua dan terbaik di Sumatera Bagian Tengah, ITP memiliki 2 fakultas yang memayungi 9 program studi atau jurusan. Di Kampus ini, kamu bisa memilih program studi yang banyak dicari di dunia kerja baik dari program sarjana maupun program vokasi atau diploma tiga seperti berikut;

 

  • Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah program studi yang mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Teknik Mesin gak melulu soal mesin motor, mobil atau kegiatan perbengkalan lainnya, tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer.

 

  • Teknik Sipil

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya.

Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien.

 

  • Teknik Elektro atau Teknologi Listrik

Kamu nantinya akan dibekali ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Kamu juga akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi. Seru banget ya guys..

  

  • Teknik Geodesi

Program Studi Teknik Geodesi merupakan salah satu bidang ilmu kebumian yang berkaitan erat dengan lingkungan fisik bumi. Di program studi ini kamu akan banyak melakukan survei, dan pemetaan.

Institut Teknologi Padang merupakan satu-satunya kampus yang menyediakan Program StudiTeknik Geodesi di pulau Sumatera Bagian Tengah. Program studi ini juga sering dinamai Teknik Geomatika di sejumlah perguruan tinggi.

 

  • Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika (PSTI) merupakan program studi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

 

  • Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya.

Selain itu, kamu juga belajar gimana cara mencegah munculnya permasalahan lingkungan di masa depan.  Kamu yang berkuliah di jurusan ini juga akan diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan, mempermudah kerja manusia dan meminimalisir human error.

 

Wah, sudah jelas banget ya kalau jurusan atau program studi bidang teknik adalah yang paling banyak dicari di dunia kerja. Buat kamu yang tertarik bisa langsung mendaftar di website spmb.itp.ac.id dengan berbagai jalur masuk, seperti Jalur Reguler, Jalur Beasiswa Yayasan, Beasiswa KIP Kuliah, Jalur Kelas Mitra. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website itp.ac.id atau instagram @itppadang

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B