Launching The 3rd ICTIS 2020, ITP Akan Hadirkan Pemateri Kegempaan Hingga Game and Mobile Engineerin

ICTIS

Launching The 3rd ICTIS 2020, ITP Akan Hadirkan Pemateri Kegempaan Hingga Game and Mobile Engineering

Institut Teknologi Padang (ITP) akan menggelar The 3rd International Conference on Technology, Innovation, and Society (ICTIS) 2020 pada 11-12 Agustus 2020 di Grand Inna Convention Center, Padang, Sumatera Barat.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ICTIS ke-3 ini masih mengusung tema “High and Smart Technologies for Future Societies” dengan menghadirkan 5 keynote speakers dari sejumlah negara.

Ketua Pantia The 3rd ICTIS 2020, Ade Indra, M.T  menyampaikan, panitia menargetkan setidaknya 400 peserta akan hadir di seminar internasional ITP ini dengan 80 paper submit.

“Ditahun sebelumnya ada 300 peserta yang ikut dalam ICTIS 2018, untuk tahun ini kita targetkan 400 peserta dan 80 paper yang submit, minimal 60 persen dari paper itu akan presentasi,” jelas Ade saat launching The 3rd ICTIS, Jumat (3/1/2020) di Ruang Sidang Utama Kampus ITP, Padang.

Ade menambahkan, konferensi internasional ini telah sesuai regulasi dan standar LLDIKTI dari sisi keynote speakers maupun fokus seminar itu sendiri.

“Jadi kita ini sudah sesuai dengan persyaratan LLDIKTI untuk perguruan tinggi yang akan menggelar seminar internasional yakni fokus pada satu bidang. Nah kita fokus pada satu bidang yaitu teknologi, meskipun pembahasan dan keynote speakers kita dari berbagai bidang ilmu seperti elektro, kegempaan, dll, namun semua itu tetap fokus pada teknologinya,” imbuhnya.

Disamping itu, lanjutnya, pemaparan keynote speakers ini juga merupakan cerminan dari program studi yang ada di Institut Teknologi Padang sendiri, seperti Teknik Sipil, Teknilk Geodesi, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Teknik Mesin.

“Semua keynote speakers ini nanti akan menjelaskan berbagai jurnal yang mana sangat berkaitan dengan semua program studi yang juga ada di ITP,” ujarnya.

Sementara itu, keynote Speakers yang akan mengisi acara yang akan berlangsung selama 2 hari ini, yakni; Prof. Taiki Saito (Department of Arcitechture and Civil Engineering, Toyohashi University of Technology, Japan), Assoc. Prof. Ing-Song Yu (Department of Material Science and Engineering, National Dong Hwa University, Taiwan, Prof. ImChoong Jae (Department of Game and Mobile Engineering, Keimyung University, South Korea), Prof. Moh. Zainal Abidin b.Ab. Kadir (Department of Electrical and Electronic Engineering, Universiti Putra Malaysia), dan Firmansyah David, Ph.D (Department of Information Technology, Institut Teknologi Padang, Indonesia).

Rektor ITP, Ir. Hendri Nofrianto, MT mengatakan, seminar internasional ICTIS ke-3 ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap 2 tahun sekali dan fokus pada perkembangan teknologi. Namun, Rektor mengungkapkan bahwa pada penyelenggaraan ICTIS tahun ini ada yang berbeda dan special karena akan ada pemaparan terkait game dan mobile engineering yang akan disampaikan salah satu keynote speakers asal Korea Selatan.

“Nah yang menarik dari ICTIS ketiga ini, kita mengundang keynote speaker dari department game and mobile engineering. Mungkin terdengar seperti jurusan yang langka di Indonesia, maka dari itu kita juga ingin memperkenalkan ilmu tentang game dan mobile itu melalui Prof. Im Choong Jae dari Keimyung University South Korea,” Jelas Rektor kepada awak media.

Beliau juga menyebutkan, tidak menutup kemungkinan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat nantinya tertarik dengan riset atau jurnal yang ada di ICTIS untuk di-follow up demi kemajuan Sumbar dan manfaat besar bagi masyarakat.

“Sangat banyak input yang akan kita dapat dari kehadiran para keynote speakers dan peserta yang terdiri dari sejumlah negara ini. Mungkin nanti pemerintah ada yang tertarik dengan salah satu riset atau jurnal dari acara ini, disamping kita juga memperkenalkan Sumatera Barat ke Internasional,” pungkasnya.

Disampaikan juga untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan  bagi peserta yang akan mengikuti seminar internasional ICTIS ini, dapat mendaftarkan diri melalui wesite https://ictis.itp.ac.id/

(peb/humas)

Komentar

Tulis Komentar

AKREDITASI
B